Teriak-teriak Curang, Jokowi: Jika Ada Bukti Bawa ke Bawaslu-MK

JagatBisnis.com Pemungutan suara Pemilu 2024 sudah selesai. Namun, masyarakat menyoroti dugaan kecurangan dalam perhitungan suara di KPU.

Dugaan kecurangan itu ramai disoroti masyarakat dan diunggah di media sosial X. Dalam postingan-postingan yang diunggah, masyarakat menyoroti hasil perhitungan yang ditulis di formulir C1 angkanya berubah ketika di-scan di Sirekap.

Terkait itu, Presiden Jokowi meminta masyarakat jangan langsung menuduh ada kecurangan.

Baca Juga :   Presiden FIFA Gianni Ifantino Temui Presiden Joko Widodo di Istana Presiden

“Janganlah teriak-teriak curang. Ada bukti langsung bawa ke Bawaslu, ada bukti bawa ke MK,” kata Jokowi di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2).

Jokowi mengatakan, di setiap TPS ada saksi baik dari pihak caleg, capres-cawapres, dan partai. Bahkan, pemungutan hingga perhitungan suara juga diawasi KPU dan dijaga aparat keamanan.

Baca Juga :   Jokowi Naikkan Tunjangan Kinerja Pegawai Bawaslu, Ini Alasannya

“Saya kira pengawasan yang berlapis-lapis seperti ini akan menghilangkan adanya kecurangan. Tapi kalau memang ada betul [kecurangan], ada mekanisme untuk ke Bawaslu, mekanisme nanti persidangan di MK. Sudah diatur semuanya,” pungkasnya.

Baca Juga :   Baliho "Jokowi Alumnus Paling Memalukan" di UGM Dicopot

Dari sejumlah hasil quick count menunjukkan Prabowo – Gibran unggul jauh di atas 50 persen dari Anies – Cak Imin dan Ganjar – Mahfud MD. Jokowi pun sudah mengucapkan selamat ke Prabowo – Gibran atas ini. (tia)

MIXADVERT JASAPRO