Porsche Sprint Challenge Final Round: Rio SB Raih Podium Sprint Race dan Juara Umum Sprint Race Season 2023

JagatBisnis.comAjang balap mobil bergengsi Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, The Mandalika, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). PSCI Round 3, yang merupakan babak final dari musim pertama Porsche Sprint Challenge Indonesia, berlangsung pada 27-28 Januari 2024. Sebelumnya, round-1 telah digelar pada 9-10 Desember 2023, dan round-2 telah berlangsung pada 13-14 Januari 2024.

PSCI Round 3 menampilkan balap Mobil Porsche 911 GT3 Cup, dengan 8 tim balap yaitu Apriwa Motorsport (Ahmad F. Alam / Rudi SL), Citadel Racing Team (Aldio Oekon), Engine Plus (Luckas Dwinanda), Merah Putih Racing (Hendrik Jaya Soewatdy / John Kwon), Rizqy Motorsport (Rio SB / Dicko PW), Sillo Maritime Perdana 78 Racing (Febby Sagita), ASC Monster (Ahmad Sahroni / Reindy Marnix R), dan JVS MS Glow Racing (Budiyanto S).

Direktur Operasi ITDC Troy Warokka mengatakan, “Event Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) bukan hanya tentang balap mobil, namun juga tentang mengukir jejak prestasi dan menghadirkan pengalaman tak terlupakan bagi semua pihak yang terlibat. Kami mengapresiasi kepada semua tim penyelenggara, pembalap, dan mitra ITDC Group yang telah bekerja keras untuk menjadikan Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) Final Round 3, sebagai salah satu acara otomotif bergengsi roda 4. Pertamina Mandalika International Circuit yang dalam hal ini juga mendapat dukungan penuh Ikatan Motor Indonesia (IMI), memberikan harapan bahwa kedepannya sirkuit ini mampu menyelenggarakan event otomotif roda 4 di tingkat yang lebih tinggi.”

PSCI Round 3 telah diawali dengan sesi Driver Registration pada (25/1) dan PSCI Practice Session pada (26/1). Sabtu, (27/1) kegiatan dimulai dengan PSCI – Qualifying Sprint Race dengan pole position diraih oleh Rio SB, driver dari tim Rizqy Motorsport dengan catatan waktu terbaik 1 menit 34,513 detik. Disusul oleh Ahmad F. Alam, driver dari tim Apriwa Motorsport dengan catatan waktu terbaik 1 menit 34,762 detik. Posisi ketiga berhasil diraih oleh driver dari tim Citadel Racing Team, Aldio Oekon dengan catatan waktu terbaik 1 menit 35,529 detik.

Dilanjutkan PSCI – Qualifying Endurance Race dengan pole position didapatkan oleh driver dari tim Citadel Racing Team, Aldio Oekon dengan waktu terbaik 1 menit 34,939 detik. Posisi kedua diraih oleh Hendrik Jaya Soewatdy / John Kwon dari tim Merah Putih Racing. Urutan ketiga diamankan oleh Lukas Dwinanda, driver dari tim Engine Plus dengan catatan waktu terbaik 1 menit 36,890 detik.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan “Kami sangat senang dapat berperan dalam menghadirkan balap mobil berkelas, seperti PSCI. Acara yang menyajikan pengalaman balap mobil yang luar biasa baik bagi para peserta balap maupun penonton. Persaingan sengit di lintasan yang memiliki tikungan-tikungan yang menantang dan lintasan lurus berkecepatan tinggi di Pertamina Mandalika International Circuit, telah memamerkan keterampilan dan determinasi para pembalap.”

Pada Sprint Race hari ini (27/1), podium pertama berhasil diamankan oleh driver tim Rizky Motorsport, Rio SB setelah melewati pertandingan dalam 17 laps dengan waktu terbaik 1 menit 35,050 detik dan total waktu 27 menit 10,185 detik. Disusul oleh Aldio Oekon dari Citadel Racing Team yang memulai start pada posisi ketiga dengan catatan waktu terbaik 1 menit 35,129 detik dan total waktu 27 menit 12,655 detik. Podium ketiga berhasil diamankan oleh Hendrik Jaya Soewatdy dari Merah Putih Racing yang memulai start pada posisi keempat dengan waktu terbaik 1 menit 37,620 detik dan total waktu 28 menit 2,871 detik.

“Kami ucapkan terima kasih atas segala dukungan yang telah dan akan diberikan dalam penyelenggaraan event Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) di Pertamina Mandalika International Circuit. Keberhasilan acara ini tidak mungkin tercapai tanpa peran serta berbagai pihak. Mari jadikan PSCI sebagai event kebanggaan Indonesia, yang akan memperkenalkan pariwisata Indonesia kepada dunia. Bersama-sama, kita membangun jejak prestasi dan melibatkan dunia dalam pesona luar biasa motorsport di The Mandalika yang menjadi destinasi sport tourism di Indonesia,” tutur Priandhi. (Rza)

MIXADVERT JASAPRO