Berita Menarik: Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan ASN, Prioritaskan Bidang Digital

CPNS foto : https://kumparan.com/

JagatBisnis.com –  Pemerintah membuka 2,3 juta lowongan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2024. Lowongan tersebut diprioritaskan untuk bidang digital.

Hal ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB) Azwar Anas di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (5/1). Anas mengatakan, 2,3 juta formasi ASN tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menuntaskan pekerjaan rumah mengenai tenaga honorer.

“Kebijakan pengadaan calon ASN 2024 difokuskan pada pelayanan dasar, nanti akan kami sampaikan di belakang, yang totalnya 2.302.543,” kata Anas.

Baca Juga :   Harga Minyak Mentah Cetak Rekor, Pemerintah Waspadai Lonjakan Konsumsi Pertalite

Anas melanjutkan, sebanyak 690.822 merupakan formasi CPNS umum atau fresh graduate. Sementara 1.611.727 lainnya akan diisi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Baca Juga :   Pemerintah Pastikan Izin Tambang Freeport Berlanjut hingga 2061, Ada Pesan Khusus Jokowi untuk Freeport

Anas mengatakan, mayoritas formasi CPNS di tahun ini adalah bidang digital. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah memangkas birokrasi.

Baca Juga :   Ketua DPR Minta Pemerintah Usut dan Cari Pelaku Peredaran Uang Mutilasi yang Rugikan Negara

“Ada tenaga yang ke depan Itu zero growth, yaitu tenaga teknis fungsional dan yang negative growth adalah tenaga teknis pelaksana karena nanti akan sebagian diatasi dengan digitalisasi,” kata Anas. (saf)

MIXADVERT JASAPRO