Soal Surat Pemanggilan Aiman Dikirim Tengah Malam, Polda Metro Angkat Bicara

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. Foto: SINDOnews.com

JagatBisnis.com Polda Metro Jaya menanggapi pernyataan Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono, yang dikirimi surat pemanggilan polisi pada tengah malam. Caleg dari Partai Perindo itu mengatakan tindakan polisi tidak etis.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pengiriman surat panggilan ke Aiman itu telah sesuai prosedur.

“Acuannya secara prosedural aja, di negara kita negara hukum tentu prosedur-prosedur secara hukum yang kita ikuti,” ujar Trunoyudo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (1/12).

Baca Juga :   Polda Metro Jaya Kaji Kepemilikan Garasi Jadi Syarat Perpanjang STNK

Kendati demikian, dirinya tidak menerangkan alasan surat pemanggilan itu dikirim pada malam hari.

“Pada aturan tadi kami sampaikan, Polda Metro Jaya penyidik Ditreskrimsus tentunya mengacu pada peraturan undang-undang,” sambungnya.

Aiman Witjaksono, mengaku sudah menerima surat pemanggilan dari kepolisian terkait pernyataannya yang menyinggung oknum polisi tidak netral di 2024.

Namun, Aiman mengaku heran surat pemanggilan itu dikirim ke rumahnya pada pukul 23.50 WIB, Selasa (28/11) lalu.

Baca Juga :   Buntut Polemik SDN Pocin 1, Polda Metro Jaya akan Panggil Wali Kota Depok

“Jelas itu jam menurut saya ya jam tidak wajar untuk mengantarkan undangan untuk bertamu. Anak saya masih usia SMP dan SD tentu terbangun dan juga kaget, nanya kepada ibunya siapa yang ngebel (pintu rumah). Ibunya menjawab ini dari pihak kepolisian. Ya tentu dia terkejut,” kata Aiman di Medcen TPN, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Kamis (30/11).

Menurut caleg Perindo itu, pihak kepolisian bisa mengirim surat ke rumahnya saat pagi atau siang hari dan bukan di waktu istirahat malam.

Baca Juga :   Pekan Depan, Polda Metro Akan Periksa Firli Bahuri

“Tapi, ya, itulah faktanya yang terjadi. Jadi saya pikir apakah tidak ada waktu lain untuk mengantarkan surat. Itu pertanyaan saja, ya. Dan itu juga pertanyaan tim hukum. Karena kalau kita mau bertamu tentu di atas jam 9 malam saja sudah enggak nyaman. Apalagi ini menjelang tengah malam, [pukul] 23.50 jelang jam 24.00 WIB,” kata eks presenter TV ini. (tia)

MIXADVERT JASAPRO