Dua Pasien Cacar Monyet di Tangsel Sudah Diisolasi

Ilustrasi Pasien Cacar Monyet Foto: Republika

JagatBisnis.com –   Dua pasien cacar monyet atau monkeypox (mpox) yang dilaporkan di Kota Tangerang Selatan, Banten, kini sedang menjalani isolasi intensif. Dua pasien ini dikonfirmasi gejala cacar monyet pada Senin (30/10).

“Tidak ada komorbid, kondisi saat ini sudah ditangani dilakukan isolasi, tidak ada keluhan, kontak eratnya dilakukan pemantauan oleh Puskesmas setempat,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan Allin Hendalin Mahdaniar seperti dikutip dari Antara, Selasa (31/10).

Allin mengatakan, dua kasus pertama di Tangsel itu dialami oleh pasien laki-laki berusia 24 dan 31 tahun. Mereka mengalami gejala dengan sifat demam, lesi di tangan, wajah, badan.

Baca Juga :   7 Orang Kontak Erat dengan Pasien Cacar Monyet, Kemenkes: Tidak Ada Gejala

“Pasien pertama baru 10 bulan tinggal di Kota Tangerang Selatan KTP luar Tangerang Selatan berusia 24 tahun. Kasus kedua laki-laki domisili dan KTP Kota Tangerang Selatan berusia 31 tahun,” ujarnya.

Dengan adanya penemuan kasus mpox ini, Dinkes Tangsel tengah mengutamakan penyidikan epidemiologi terhadap keluarga penderita cacar monyet tersebut untuk mengungkap sumber penularannya.

“Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada monkeypox dengan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta meningkatkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Baca Juga :   New York Nyatakan Darurat Kesehatan Cacar Monyet

Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga sudah melakukan sosialisasi, edukasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat tentang cacar monyet, serta memperkuat sistem surveilans yang sudah ada untuk melakukan investigasi maupun pelacakan kontak.

“Jika mengalami gejala monkeypox maka segera ke fasilitas pelayanan kesehatan atau rumah sakit agar mendapatkan pengobatan simtomatik dan suportif untuk meringankan gejala yang ada hingga mencegah terjadinya infeksi sekunder,” tuturnya.

Allin menyebut, pasien monkeypox bisa menjalani isolasi di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Baca Juga :   Waspada, Penyebaran Monkeypox saat Cuaca Panas

Penyakit ini disebabkan oleh virus sehingga bisa sembuh dengan sendirinya. Hanya saja perlu perawatan yang tepat agar tidak menulari orang sekitar.

“Tidak diperlukan ruang isolasi sebagaimana pasien COVID-19,” katanya.

Penularan cacar monyet bisa terjadi melalui droplet berupa dahak, bersin, atau liur yang mengkontaminasi lingkungan atau tangan, kontak kulit, kontak luka, cairan tubuh, dan kontak seksual. Masa inkubasi cukup panjang, dari tertular sampai muncul gejala bisa 3-21 hari, tersering 6-10 hari. (tia)

MIXADVERT JASAPRO