Dampak Kebakaran Lahan Gunung Bromo, Kerugian Ditaksir Capai Rp5,4 Miliar

Pasca Kebakaran Hutan dan Lahan di Bromo Foto: Ngopibareng.id

JagatBisnis.com –  Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Hendro Widjanarko menyebut total nilai kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Bromo diperkirakan mencapai Rp5,4 miliar.

“Untuk dampak sudah kita hitung estimasi (sementara) sekitar Rp5,4 miliar (nilai kerugiannya). Itu terhitung mulai 6 sampai 10 September 2023,” kata Hendro saat meninjau Blok Savana Lembah Watangan di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Kamis (21/9/2023).

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ditutup dari 6 sampai 18 September 2023 akibat kebakaran hutan dan lahan.

Ratusan personel dikerahkan untuk memadamkan kebakaran lahan di kawasan taman nasional tersebut selama 6 sampai 14 September 2023.

Baca Juga :   Kebakaran Kembali Ancam Gunung Bromo, Sebagian Kawasan Wisata Ditutup Sementara

Hendro menjelaskan bahwa penghitungan nilai kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan di kawasan Bromo mencakup biaya pemadaman kebakaran dari darat, kerugian akibat hilangnya habitat satwa, dan kerugian akibat terhentinya aktivitas wisata di taman nasional.

“Untuk wisata, itu gabungan antara Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), kemudian untuk penyedia jip, warung, hotel, homestay (penginapan), dan lainnya,” katanya.

Menurut dia, perhitungan nilai kerugian belum mencakup biaya operasi pengeboman air menggunakan helikopter untuk memadamkan kebakaran lahan serta kerusakan jaringan pipa air akibat kebakaran.

Baca Juga :   Kebakaran di Gunung Bromo Belum Padam

Empat pintu masuk ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ditutup total dari 6 sampai 18 September 2023 untuk memudahkan operasi pemadaman kebakaran di kawasan taman nasional.

“Penutupan tersebut untuk keamanan pengunjung dan memudahkan operasi pemadaman,” kata Hendro.

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mulai dibuka kembali untuk pengunjung pada 19 September 2023.

Kebakaran besar terjadi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sejak 6 September 2023. Kebakaran itu terjadi karena ada pengunjung yang menggunakan suar untuk keperluan pengambilan gambar di kawasan taman nasional.

Baca Juga :   Kebakaran Gunung Bromo akibat Flare Foto Prewedding Akhirnya Padam, Petugas Masih Siaga

Areal seluas 504 hektare di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru rusak akibat kebakaran tersebut. Areal yang rusak kebanyakan berupa sabana.

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Pada 2022 destinasi wisata itu dikunjungi oleh 318.919 wisatawan, yang terdiri atas 310.418 orang wisatawan nusantara dan 8.501 orang wisatawan asing.

Pendapatan Negara Bukan Pajak yang diperoleh dari kunjungan wisatawan ke Bromo selama tahun 2022 mencapai Rp11,65 miliar, meningkat dari Rp4,85 miliar pada tahun sebelumnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO