Berita  

Novo Nordisk Luncurkan Obat Penurun Berat Badan Wegovy di Inggris

Wegovy Foto springhealthpharma.com

JagatBisnis.comPerusahaan farmasi Novo Nordisk dari Denmark meluncurkan produk suntikan penurun berat badan Wegovy di Inggris. Ini adalah debut kedua Novo Nordisk di Eropa dalam waktu sebulan, seiring dengan upaya perusahaan untuk melakukan ekspansi di tengah meningkatnya permintaan.

Wegovy, yang diklaim dapat membantu pasien mengurangi berat badan sekitar 15% jika digunakan bersamaan dengan olahraga dan perubahan gaya hidup, telah menjadi sangat diminati. Produk ini juga melengkapi portofolio obat diabetes Novo Nordisk yang sangat efektif, Ozempic. Karena itu, saham dan pendapatan perusahaan mencapai rekor tertinggi, bahkan menggeser LVMH sebagai perusahaan tercatat paling berharga di Eropa.

Meskipun obat ini telah tersedia di Amerika Serikat, Norwegia, Denmark, dan Jerman sejak akhir Juli, Novo Nordisk mengalami kesulitan dalam memenuhi permintaan di AS, yang akhirnya mempengaruhi peluncurannya di sebagian besar Eropa. Perusahaan terus berupaya meningkatkan kapasitas produksinya, tetapi CEO Novo Nordisk mengatakan bahwa “akan memakan waktu beberapa tahun” sebelum mereka dapat memasok seluruh pasar.

Baca Juga :   Inggris Mencopot CCTV Buatan China dari Gedung Pemerintahan

Di Inggris, pengawas efektivitas biaya obat, NICE, merekomendasikan penggunaan Wegovy pada orang dewasa dengan indeks massa tubuh 35 atau lebih, tetapi hanya dalam skema manajemen berat badan spesialis National Health Service (NHS). Namun, Novo Nordisk menyatakan bahwa obat ini akan tersedia melalui NHS dan “secara pribadi melalui profesional kesehatan yang terdaftar.”

Baca Juga :   Inggris Kenakan Sanksi pada Pemasok Asing Militer Rusia

Sementara Novo Nordisk tidak mengungkapkan berapa banyak pasokan yang akan tersedia di Inggris atau biaya Wegovy, di Amerika Serikat, obat ini dijual dengan harga $1.350 atau sekitar Rp20 juta untuk pemakaian sebulan. Masih belum jelas apa dampak dari ketersediaan obat ini melalui penyedia layanan kesehatan swasta. (tia)

MIXADVERT JASAPRO