Pejabat Bappenas Keluhkan Harga Tiket Pesawat Domestik Mahal: Lebih Murah Terbang ke Thailand!

Pesawat

JagatBisnis.com, Jakarta – Baru-baru ini, Deputi Bidang Ekonomi Regional dan Pengembangan Wilayah di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Musdalifah, mengungkapkan keluhannya terkait harga tiket pesawat domestik yang mahal. Menurutnya, harga tiket pesawat domestik saat ini bahkan lebih mahal dibandingkan dengan penerbangan ke negara tetangga seperti Thailand.

Musdalifah menyampaikan keluhannya tersebut dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penataan Tarif Angkutan Udara yang diadakan di Jakarta pada hari Kamis (16/5/2024). Ia mengatakan bahwa tingginya harga tiket pesawat domestik ini menjadi salah satu faktor penghambat konektivitas antar daerah di Indonesia.

“Harga tiket pesawat domestik saat ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan penerbangan ke negara-negara tetangga seperti Thailand. Hal ini tentu saja menghambat konektivitas antar daerah dan menjadi salah satu faktor penghambat pemulihan ekonomi nasional,” ujar Musdalifah.

Baca Juga :   Perdana Menteri Thailand Berhenti Berpergian ke Luar Negeri Setelah Kritik Publik yang Meningkat

Musdalifah meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk segera mengambil langkah-langkah konkrit dalam mengatasi permasalahan ini. Ia berharap agar Kemenhub dapat berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk menurunkan harga tiket pesawat domestik.

Baca Juga :   Bangkok Resmi Ganti Nama jadi Krung Thep Maha Nakhon

“Saya minta kepada Kemenhub untuk segera mengambil langkah-langkah konkrit dalam mengatasi permasalahan ini. Saya harap Kemenhub dapat berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk menurunkan harga tiket pesawat domestik,” tegas Musdalifah.

Keluhan Musdalifah ini tentu saja menjadi sorotan publik. Banyak masyarakat yang merasa senada dengan keluhannya dan berharap agar harga tiket pesawat domestik dapat segera diturunkan.

Pemerintah perlu segera mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satu solusinya adalah dengan memberikan subsidi kepada maskapai penerbangan agar dapat menurunkan harga tiket pesawat domestik. Selain itu, pemerintah juga perlu mendorong maskapai penerbangan untuk meningkatkan efisiensi operasionalnya sehingga dapat menekan biaya produksi.

Baca Juga :   Harga Rumah Makin Mahal, Karyawan UMR Jakarta Bisa Beli Rumah?

Dengan upaya yang terarah dan berkelanjutan, diharapkan harga tiket pesawat domestik dapat segera diturunkan sehingga dapat mendorong konektivitas antar daerah dan membantu pemulihan ekonomi nasional.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO