Berita  

Menteri Luar Negeri Antony Blinken Akan Berkunjung ke Indonesia

Antony Blinken Foto: CNBC

JagatBisnis.comMenteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada tanggal 9 Juli hingga 15 Juli 2023. Kunjungan tersebut akan mencakup partisipasinya dalam beberapa pertemuan penting, termasuk Pertemuan Menteri Luar Negeri AS-ASEAN, Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur, dan Forum Regional ASEAN.

Selama pertemuan-pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Blinken akan menekankan komitmen Amerika Serikat terhadap sentralitas ASEAN dan dukungan untuk Kemitraan Strategis Komprehensif antara ASEAN dan AS. Isu-isu yang akan dibahas antara lain kerja sama ekonomi, perubahan iklim, krisis di Myanmar, situasi di Laut China Selatan, dan konflik antara Rusia dan Ukraina.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, juga dijadwalkan untuk mengunjungi Jakarta pada tanggal 13-14 Juli 2023 untuk menghadiri pertemuan ASEAN, konferensi tingkat tinggi Asia Timur, dan forum keamanan regional. Rusia dan ASEAN telah berkomitmen untuk memperkuat hubungan diplomatik mereka, dan Moskow menyatakan dukungannya terhadap sentralitas ASEAN di kawasan Asia-Pasifik yang lebih luas.

Baca Juga :   Antony Blinken Sarankan Warga Amerika Segera Tinggalkan Rusia

Ketegangan antara Amerika Serikat dan China dalam berbagai isu keamanan, ekonomi, dan politik menjadi perhatian bagi negara-negara di kawasan. Selain itu, tindakan Rusia yang menginvasi Ukraina sejak Februari 2022 juga menarik perhatian internasional.

Baca Juga :   Daftar Area Berpotensi Gelombang Besar di Indonesia Hari Ini

Pertemuan antara Menteri Luar Negeri Blinken dan Menteri Luar Negeri Marsudi juga dijadwalkan dalam rangka Dialog Strategis AS-Indonesia yang kedua. Rencananya, pertemuan tersebut akan membahas berbagai isu penting antara kedua negara. (tia)

MIXADVERT JASAPRO