Para Wisudawan Universitas Pancasila Harus Berpikir Maju Dan Berjiwa Pancasilais

JagatBisnis.comPara wisudawan yang hari ini merasa diri telah lulus dari pendidikan perguruan tinggi tetap harus mempunyai attitude dan jiwa Pancasila yang harus di terapkan pada kehidupan sehari-hari.

Universitas Pancasila dalam perjalanan 56 tahunnya telah menjadi Perguruan Tinggi Swasta yang bereputasi Unggul, dimana berdasarkan data Kemendikbud Ristek, Universitas yang mendapat Akreditasi Unggul baru sejumlah 49 dari 4.524 Perguruan Tinggi yang berarti baru 1,08% Universitas yang mendapat Akreditasi Unggul.

Hal di atas disampaikan oleh Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, S.H., M.Si., FCBArb dalam kegiatan Wisuda Universitas Pancasila Semester Gasal TA. 2022/2023 yang diikuti oleh 974 orang wisudawan/wati yang terdiri dari program studi D3, S1, Apoteker, S2 dan S3. (30/5). Menurutnya para wisudawan boleh berbangga, bahwa pada wisuda ini, semua Wisudawan sudah bisa menerima ijazah kelulusan, dengan “Akreditasi Unggul”, yang merupakan Nilai Akreditasi tertinggi.

Pada wisuda kali ini diantara kebahagiaan para wisudawan, terselip momen haru, karena salah satu wisudawan dari Fakultas Psikologi telah meninggal dunia, hal ini tentunya menjadi sebuah kehilangan bagi keluarga besar UP. Oleh karena itu ijasah kelulusan Rektor berikan kepada orang tua dan juga saudara kembar dari Sdr. Yudha Pratama, S.Psi.

Prestasi dan pencapaian UP sepanjang tahun 2022 juga disampaikan melalui sambutan LLDikti Wilayah III oleh Bapak Noviyanto, S. T., MMSI. diantaranya:

1. Universitas Pancasila meraih peringkat 1 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan Jumlah Usulan Terbanyak untuk Matching Fund.

2. Mendapatkan Dana Hibah/ Bantuan Pemerintah untuk Tim Dosen;

3. Universitas Pancasila menjadi klaster Penelitian Mandiri & Klaster PKM Sangat Bagus,

4. UP memiliki 12 jurnal terakreditasi SINTA,

5. Mendapatkan penghargaan pada RAKORDA 2022 karena beberapa pencapaian, yaitu:

• Menjadi daftar Perguruan Tinggi dengan pelaporan PDDIKTI 100% dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, 10 semester, dari 2016 semester ganjil hingga 2020 semester genap

• Universitas Pancasila menjadi perguruan tinggi dengan perolehan Guru Besar atau Profesor terbanyak dari tahun 2020 – 2021.

• Mendapatkan penghargaan apresiasi pemenang Program Matching Fund 2021

• Mendapatkan penghargaan Apresiasi Top 5 Perguruan Tinggi yang mengikuti Flagship MBKM 2021

Tentunya Universitas Pancasila tidak hanya akan berhenti setelah mendapatkan akreditasi unggul. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa Fakultas yang sedang berproses mendapatkan Akreditasi Internasional yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sejalan dengan itu Universitas Pancasila turut serta dalam Pertukaran Mahasiswa Luar Negeri, IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) dimana melalui program ini sudah ada Mahasiswa Universitas Pancasila berkesempatan kuliah di kampus unggulan luar negeri (USA, Hungary, dan Malaysia).

Ketua Pembina Yayasan Pembina dan Pendidikan Universitas Pancasila (YPPUP), Bapak Dr. (HC). Ir. Siswono Yudo Husodo dalam pesannya menyampaikan bahwa para wisudawan Universitas Pancasila, sebagai alumni harus terus meningkatkan kualitas SDM sehingga siap bersaing, karena kedepannya negara kita tidak hanya sekedar membutuhkan perubahan, tetapi juga program pembangunan yang berkelanjutan sehingga kesejahteraan yang merata akan terwujud. (den)

MIXADVERT JASAPRO