Berapakah Bonus yang Akan “Diguyurkan” Kepada Timnas Kita?

JagatBisnis.comKeberhasilan Timnas Indonesia dalam meraih medali emas pada ajang Sea Games kali ini tentu akan membawa suatu kebanggaan bagi bangsa.

Lalu berapakah jumlah bonus yang bakal didapat Timnas U-22 dan atlet cabang olahraga lainnya, setelah berhasil menyabet medali emas?
Mengutip Direktorat Jenderal (Ditjen) Anggaran, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk atlet dan kontingen yang berlaga di Sea Games 2023. Di dalamnya termasuk untuk bonus atlet, pelatih, asisten pelatih peraih emas.
Ditjen Anggaran Kemenkeu mencatat, secara total pemerintah pusat mendukung penuh kontingen Indonesia dengan menganggarkan Rp 882,2 miliar di ajang Sea Games 2023, Kamboja ini. Dana tersebut dianggarkan melalui APBN DIPA Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Rinciannya, Rp 552 miliar untuk pembinaan atlet-atlet nasional dalam memersiapkan diri mengikuti berbagai kejuaraan multievent international
Rp 55,2 miliar, bantuan pengiriman kontingen SEA Games ke 32 ini (atlet, pelatih, asisten pelatih, official lainnya) ke Kamboja.

Baca Juga :   Egy, Witan dan Asnawi Siap Bela Timnas Indonesia di SEA Games

Sebelumnya, Presiden Jokowi berharap agar kontingen SEA Games Indonesia bisa membawa lebih banyak medali daripada SEA Games sebelumnya.

Saya hanya pesan di SEA Games di Vietnam kita memperoleh saat itu medali 69 emas dan peringkat kita di peringkat ketiga. Sekarang mestinya lebih dari itu,” kata Jokowi saat melepas kontingen atlet Sea Games 2023, Selasa (2/5) lalu.

Baca Juga :   Timnas Indonesia U-22 Gasak Tira Persikabo, Ini Komentar Shin Tae-yong

“Saya minta emasnya di atas 69. Peringkatnya juga di atas tiga. Pilihannya cuma dua. Peringkat satu atau peringkat dua,” lanjutnya.
Jokowi pun mengakui target tersebut bukan target yang mudah. Namun, Jokowi yakin atlet yang akan bertanding telah memiliki bekal yang cukup.

Pelatih Timnas U-22. Indra Sjafri menilai bahwa keberhasilan ini adalah momentum kebangkitan sepak bola Indonesia.
Ini pertandingan yang cukup menegangkan. Saya pikir memenangi laga dengan skor 5-2 adalah luar biasa. Saya berharap kemenangan ini menjadi obat duka kita enggak jadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” kata Indra Sjafri usai laga.

Baca Juga :   Kapan Arhan dan Marselino Gabung Timnas Indonesia U-22?

”Tapi, jauh lebih penting itu bagaimana kemenangan emas ini menjadi momentum untuk kebangkitan sepak bola Indonesia ke depannya,” lanjutnya.

”Tapi, jauh lebih penting itu bagaimana kemenangan emas ini menjadi momentum untuk kebangkitan sepak bola Indonesia ke depannya,” lanjutnya. (den)

MIXADVERT JASAPRO