Selama Bulan Suci Jemaah Hanya Boleh Sekali Umroh Di Masjidil Haram

JagatBisnis.comJemaah Umroh pada bulan Suci Ramadhan ini diperkirakan akan sangat padat sekali karena momen Ramadhan ini di manfaatkan para jemaah untuk mendapat ganjaran pahala yang berlipat dibandingkan jika pergi aumroh di bulan lainnya selain Ramadhan dan para jemaah dari berbagai penjuru dunia berbondong bondong mengunjungi kota suci Mekkah dan Madinah untuk melaksanakan ibadah Umroh terlebih lagi pada bulan Ramadhan ini.

Kepadatan jemaah di Masjidil Haram di Makkah selama bulan Ramadhan 2023 sangat luar biasa. Hal ini membuat Kementerian Haji dan Umrah (Kemenhaj) Arab Saudi menetapkan bahwa jemaah hanya boleh melaksanakan ibadah umrah sekali saja selama bulan suci.
Artinya, jemaah tidak bisa mengulang-ulang umrah seperti masa sebelumnya.

Kebijakan Kemenhaj ini dirilis untuk memberi kesempatan kepada semua jemaah yang berniat menunaikan umrah di bulan Ramadhan dapat menunaikan ibadah dengan mudah dan nyaman.
Demikian dikutip dari Saudi Gazette, Senin (27/3).

Baca Juga :   Desember 2021, Jemaah Umroh Mulai Diberangkatkan

Ramadhan memang bulan favorit umat Islam untuk menunaikan ibadah umrah karena menurut hadis Nabi, pahalanya setara dengan ibadah haji.
Hal ini sesuai sabda Nabi Muhammad SAW:
“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR Bukhari Muslim)

Baca Juga :   Kisaran Biaya Umrah Rp40 Juta Plus Karantina dan PCR

Pada hari pertama Ramadhan saja, jemaah yang memasuki Masjidil Haram mencapai lebih satu juta. Indonesia merupakan pengirim jemaah umrah nomor satu di dunia.

Kemenhaj Arab Saudi juga meminta jemaah yang ingin umrah dan telah mendaftar via aplikasi Nusuk untuk berkomitmen pada tanggal yang mereka pilih.

Baca Juga :   Jemaah Indonesia Belum Diizinkan Terbang ke Arab

Tidak ada fitur untuk mengubah tanggal di aplikasi pendaftaran umrah dan ziarah ke Raudah di Masjid Nabawi tersebut. Namun, jemaah bisa menghapus tanggal yang dipilihnya dan mendaftar di tanggal baru.
Dalam aplikasi Nusuk itu terdapat warna merah, kuning, hijau, yang menunjukkan kepadatan jemaah pada tanggal tersebut. (den)

MIXADVERT JASAPRO