Harta Karun Perhiasan Emas Zaman Firaun Akhenaten Ditemukan

JagatBisnis.comPara arkeolog di Mesir menemukan harta karun emas dari pemakaman kuno berusia lebih dari 3.300 tahun di situs pemakaman kota kuno Akhetaten. Kota kuno itu sekarang dikenal dengan Amarna. Perhiasan emas yang menakjubkan itu, terdiri dari tiga cincin yang salah satunya bergambar Dewa Bes yang dikenal sebagai pesta dan cinta serta sebuah kalung.

Baca Juga :   Ribuan Koin Perak Abad Ke-13 Ditemukan di Skotlandia

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengatakan, gambar sosok Dewa Bes sering ditemukan berbagai artefak Mesir kuno. Penemuan ini diumumkan Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir pada Selasa (13/12/2022) kemarin.

Asisten Direktur penggalian Proyek Amarna dan dosen Pusat Budaya Kuno di Universitas Monash Australia, Anna Stevens menilai Dewa Bes sebagai figur yang unik dalam sejarah Mesir kuno. Pada cincin emas lain berisi tulisan hieroglif Mesir dengan nama “Sat I Plant Tawi,” yang berarti “Nyonya Bumi”. Tidak jelas siapa wanita ini. Sebuah kalung emas juga ditemukan bersama cincin emas tersebut.

Baca Juga :   Arkeolog Temukan Rel Kereta Api Tertua di Indonesia

“Belum diketahui makam itu milik siapa, dan mengapa perhiasan ini dikuburkan bersama. Penggalian di Amarna sedang berlangsung, dan detail temuan akan segera diterbitkan,” kata Anna Stevens, dikutip dari Live Science, Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga :   Berhala Bermata Satu Ditemukan di Kota Kuno Petra

Dia menambahkan, timnya akan menerbitkan temuannya dalam beberapa bulan dan akan menyampaikan lebih banyak informasi. Diharapkan penemuan ini bisa mengungkap tentang kota kuno Akhetaten yang didirikan Firaun Akhenaten. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO