Ribuan Koin Perak Abad Ke-13 Ditemukan di Skotlandia

JagatBisnis.com –  Lebih dari 8.000 koin perak abad pertengahan ditemukan seorang detektor logam di Dunscore dekat Dumfries, Skotlandia. Penemuan ini digambarkan sebagai timbunan koin terbesar abad pertengahan yang ditemukan di Skotlandia sejak abad ke-19.

Seorang juru bicara Unit Harta Karun mengatakan sekitar 8.400 koin perak abad pertengahan membentuk Timbunan Dunscore. Koin-koin tersebut dikenal sebagai uang Edward I dan Edward II yang berasal dari abad ke-13 dan ke-14 ketika Perang Kemerdekaan antara kerajaan Skotlandia dan Inggris berkecamuk.

“Kami bersama para arkeolog Museum Nasional Skotlandia menggali situs tersebut. Ini adalah penimbunan koin abad pertengahan terbesar yang ditemukan di Skotlandia sejak abad ke-19,” kata juru bicara Unit Harta Karun dikutip dari laman Scotsman, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga :   Jokowi Izinkan Asing Cari Harta Karun di RI

Dia menjelaskan, setelah penggalian situs, tugas besar adalah mencatat setiap koin secara detail untuk memutuskan apakah koin kuno yang baru ditemukan di Skotlandia bernilai sejarah. Setiap koin akan dikatalogkan sebelum masuk ke proses alokasi, dengan melakukan identifikasi, pemotretan, pengukuran dan penimbangan.

Baca Juga :   Jokowi Izinkan Asing Cari Harta Karun di RI

“Sangat sedikit penimbunan koin abad pertengahan yang ditemukan di Skotlandia. Koin-koin tersebut adalah koin Edward I/II, yang berasal dari abad ke-13 dan ke-14,” imbuh Unit Harta Karun.

Baca Juga :   Jokowi Izinkan Asing Cari Harta Karun di RI

Dia mengaku, lonjakan minat dalam pendeteksian logam mendorong peningkatan penemuan logam yang dilaporkan pihaknya. Bahkan, pihaknya telah mencatat sekitar 900 penemuan sejak Oktober 2022.

“Sebagai perbandingan, ada 1.551 artefak yang diterima sepanjang tahun 2019. Sepanjang tahun 2022, lebih dari 12.263 artefak, termasuk koin yang ditemukan di Dunscore, telah diserahkan kami,” tegasnya. (*/els)