Arkeolog Temukan Rel Kereta Api Tertua di Indonesia

JagatBisnis.com – Arkeolog Indonesia, baru-baru ini menemukan rel trem tua (kereta api) peninggalan kolonial Belanda yang masih utuh di kawasan Jalan Harmoni, Jakarta Pusat. Jalur trem yang ditemukan tersebut memiliki keunikan tersendiri karena merupakan proyek trem pertama yang dibuat oleh koloni Belanda saat itu.

Baca Juga :   Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Di Temukan Oleh Arkeolog

“Kereta trem di Jakarta yang dulu dikenal dengan nama Batavia sudah ada jauh lebih awal dibandingkan di Belanda sendiri. Belanda memilih melakukannya di Jakarta dulu, meski belum dilakukan di negaranya,” kata Arkeolog dari Universitas Indonesia Charunia Arni, seperti dilansir dari Reuters Sabtu (19/11/2022).

Dia menjelaskan, negara yang sudah menggunakan trem sebelum Indonesia saat itu adalah Inggris dan Amerika Serikat (AS). Dengan inovasi jajahan Belanda, transportasi trem di Batavia Indonesia menjadi yang pertama di Asia dan tertua di Indonesia.

Baca Juga :   Arkeolog Israel Temukan Boneka Berusia 1.000 Tahun

“Karena sebelum dibangunnya trem, di Batavia hanya digunakan sebagai tempat uji coba koloni Belanda. Trem di Batavia tidak didesain dalam bentuk kereta api dengan lokomotif dan gerbong seperti sekarang. Saat itu trem yang dimaksud merupakan gerbong terbuka dengan panjang sekitar 2 hingga 3 meter yang ditarik oleh seekor kuda,” ungkap Charunia. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO