Presiden AS Tak Ingin Berdialog dengan Putin untuk Saat Ini

JagatBisnis.com Gedung Putih meluruskan pernyataan soal tawaran Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk duduk dan berdialog dengan Presiden Rusia Vladimir Putin terkait konflik di Ukraina.

Pihaknya mengatakan, Biden untuk saat ini tidak berniat mengadakan pertemuan apa pun dengan Putin.

Hal ini disampaikan oleh Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, kepada wartawan pada Jumat (2/11). “Dia [Biden] tidak punya niat untuk berbicara dengan Putin saat ini,” kata Kirby, seperti dikutip dari AFP.

Baca Juga :   Facebook Dituding Sensor Media Rusia

“Dan seperti yang juga dia katakan, Putin sama sekali tidak menunjukkan kecenderungan untuk tertarik pada dialog dalam bentuk apa pun. Bahkan, justru sebaliknya,” sambung Kirby.

Sebelumnya, dalam konferensi pers gabungan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang kala itu melawat ke Washington, Biden mengatakan bahwa ia akan terbuka untuk berdialog dengan Putin terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Tawaran ini diikuti dengan syarat, asalkan Putin mau ikut mencari cara untuk mengakhiri perang.

“Saya siap untuk berbicara dengan Putin bila dia memang berniat mencari cara untuk mengakhiri perang. Dia belum melakukannya,” jelas Biden, pada Kamis (1/12).

Baca Juga :   Luhut: Belum Ada Kepastian Terkait Kedatangan Rusia dan Ukraina pada KTT G20

“Dalam konsultasi dengan teman Prancis dan NATO saya, saya akan dengan senang hati duduk bersama Putin untuk melihat apa yang dia pikirkan. Dia belum melakukannya,” imbuhnya.

Pernyataan ini merupakan yang pertama kalinya Biden menunjukkan keterbukaan Amerika Serikat untuk bertemu Putin secara langsung.

Kala itu, pemimpin berusia 80 tahun ini mengatakan tidak memiliki rencana untuk menghubungi Putin dalam waktu dekat. Tetapi, ia menyambut baik kemungkinan tersebut.

Baca Juga :   Menlu: Indonesia Tidak Akan Ikut Embargo Ekonomi Rusia

Baik Biden dan Macron sepakat mengindikasikan keterbukaan untuk penyelesaian melalui negosiasi. Meski begitu, keduanya juga memberikan syarat, yakni Putin harus menarik kembali pasukannya dari Ukraina agar dialog ini dapat terwujud.

“Ada satu cara agar perang ini berakhir — cara yang rasional. Putin menarik diri dari Ukraina, nomor satu. Tetapi tampaknya dia tidak akan menarik diri,” tegas Biden. (tia)

MIXADVERT JASAPRO