Cerbon jeh!!! Makin Cakap Digital 2022

Kuasai Digital Teknologi & Raih Suksesmu di Era Digital

JagatBisnis.com –  PT Avantgarde Production kembali menyelenggarakan Talk Show Makin Cakap Digital 2022 yang merupakan program Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, pada hari Minggu tanggal 27 November 2022 bertempat di Lapangan Arhanud 14/PWY, Jl. Pinang Raya, Kel. Sukapura, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

Talkshow ini terselenggara dalam rangka mensukseskan Indonesia Makin Cakap Digital. Kegiatan ini merupakan suatu inovasi terbaru dimana edukasi digabungkan dengan seni menjadi satu kesatuan. Pada pukul 10.00 – 13.00 berlangsung Kegiatan Literasi Digital untuk Lintas Komunitas di area hanggar terbuka sisi kanan panggung lapangan, lalu dilanjutkan dengan Literasi Digital pada pukul 15.00 – 17.00 WIB pada kesempatan kali ini mengusung tema “Kuasai Digital Teknologi & Raih Suksesmu di Era Digital”.

PT Avantgarde Production berhasil melakukan sebuah inovasi kegiatan yang menghadirkan komunitas – komunitas seperti : Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kota Cirebon, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Cirebon, komunitas Kopi, Vespa, Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Kesultanan Cirebon, Ikatan Motor Honda Cirebon, Attalah Wisata, Cirebon Gamming, Kejar Mimpi, BTM Fakultas Ilmu Komputer UNU Cirebon, Lentera Baca, Aliansi, Forkoci, Forum Indonesia Muda Regional Cirebon, Intermilan Club Indonesia Regional Cirebon serta dihadiri juga oleh Masyarakat Cirebon dengan total penonton yang mencapai kurang lebih lima belas ribu orang.

Talkshow ini menghadirkan Narasumber dari kalangan artis dan narasumber yang kompeten untuk menyampaikan 4 (empat) kerangka digital antara lain Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital dan Budaya Digital.

Pada kesempatan kali ini, dengan Jefrry Siemgouw sebagai moderator memandu talkshow dengan narasumber pertama yaitu Ma’ruf Nuryasa, AP menyampaikan pemaparan dengan tema Kecakapan Bermedia Digital. Menurut Pak Ma’Ruf jangan mudah dalam menyimpulkan segala sesuatu atau berita apalagi yang bersifat hoax sebelum mencari tau sesuatu sesuai dengan kebenarannya.

Pemateri kedua adalah Akhmad Rofahan dengan tema Etika Bermedia Digital. Menurutnya, kita harus selalu menyadari bahwa kita berinteraksi dengan manusia nyata di jaringan yang lain, bukan sekedar dengan deretan karakter huruf dilayar monitor, namun dengan karakter manusia sesungguhnya.

Pemateri ketiga adalah Diana Sastra dengan tema Keamanan Digital. Yang menjelaskan betapa bahaya dalam penggunaan internet dan ancaman data pribadi jika disalahgunakan. Untuk seseorang yang mengungkapkan atau menggunakan data pribadi yang bukan miliknya akan dikenakan hukuman atau pidana penjara 7 (tujuh) tahun atau denda maksimal 70 miliar.
Pemateri keempat adalah Andy dengan tema Budaya Bermedia Digital. Menurutnya dalam dunia digital mari diisi dan dijadikan sebagai ruang berbudaya, tempat untuk belajar dan berinteraksi, tempat anak – anak dapat bertumbuh kembang, sekaligus tempat dimana sebagai bangsa yang hadir dengan bermanfaat.

Festival Musik yang berlangsung dari pukul 11.00 – 20.00 WIB dimeriahkan oleh musisi papan atas lintas genre antara lain Riff, Trio Macan, Rumput Laut, Diana Sastra, The Prasetyo Squad : Dj Baby Prasetyo, Vicky Prasetyo, Cinta Prasetyo, Vianty Arvy.

Acara berlangsung dengan sukses, para penonton sangat antusias mengikuti kegiatan literasi digital. Bahkan pada saat sesi tanya jawab para penonton tetap aktif menjawab pertanyaan yang diberikan oleh moderator dan narasumber. Tidak lupa juga, PT Avantgarde Production tetap memberikan hadiah menarik bagi penonton yang mengikuti kegiatan di booth literasi digital. (srv)

MIXADVERT JASAPRO