Biden dan Jinping akan Bertemu di Bali, Ini yang Dibahas

JagatBisnis.com – Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia. Pertemuan Biden dan Jinping akan membahas berbagai isu yang berkembang saat ini baik global dan regional.

“Kedua pemimpin akan membicarakan upaya mempertahankan sekaligus memperdalam jalur komunikasi antara Amerika Serikat dan China selaku pengelola persaingan, dan melakukan kerja sama di mana kepentingan sejalan, terutama pada tantangan lintas negara yang berdampak terhadap komunitas internasional,” kata juru bicara Karine Jean-Pierre lewat sebuah pernyataan, Kamis (11/11/2022).

Biden akan mengangkat isu Taiwan dan pelanggaran HAM dan isu ekonomi. Menurut pejabat senior Gedung Putih, Biden merasa khawatir dengan praktik ekonomi China yang banyak pihak nilai membahayakan.

Baca Juga :   Xi Jinping: Pentingnya Para Pejabat Ahli Marxisme Juga Paham Agama-agama

Kedua pemimpin itu juga akan membicarakan perang Rusia di Ukraina. Pertemuan mereka akan menjadi yang pertama sejak Biden menjabat sebagai presiden.

Baca Juga :   Bulan Depan, Biden akan Kunjungi Arab Saudi dan Israel

“Presiden percaya bahwa sangat penting untuk membangun pondasi hubungan dan memastikan bahwa ini adalah aturan jalan yang mengikat persaingan kami,” kata pejabat tersebut.

Pertemuan ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Pemerintah AS dengan China atas isu-isu seperti kebijakan perdagangan, serangan Rusia ke Ukraina, dan pendekatan China ke Taiwan.

Baca Juga :   Adu Keren Mobil Joe Biden dan Donald Trump

Mengutip Associated Press yang dikutip Al Jazeera, Gedung Putih bekerja dengan pejabat China selama beberapa minggu terakhir untuk mengatur pembicaraan itu. Sementara itu, Biden dan Jinping telah mengadakan beberapa pertemuan virtual.(tia)