KAI Perbaiki geometri dan pengangkatan rel 272 Rembang

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan melakukan perbaikan geometri dan pengangkatan rel kereta api (KA) di perlintasan Nomor 272 (Rembang, Ngadiluwih). Perlintasan sebidang KA nomor 272, yang berada di Jalan Raya Kediri-Tulungagung, tepatnya Dusun Kendaldoyong, Desa Banjarejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun Supriyanto menjelaskan, perbaikan  dilakukan sebagai bentuk komitmen menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan serta meningkatkan kenyamanan pelanggan. Pekerjaan perbaikan geometri pada perlintasan KA tersebut meliputi pembongkaran aspal di sisi kiri dan kanan rel, penggantian bantalan kayu menjadi bantalan beton serta rel, kemudian dilakukan perbaikan geometri rel agar sisi kiri dan kanan rel seimbang, serta pemadatan batu kricak.

“Kegiatan perbaikan geometri di perlintasan KA tersebut akan dilakukan selama tiga hari, mulai Selasa (4/10/2022 hingga Kamis (6/10/2022). Pengerjaan dilakukan mulai pukul 19.00 WIB hingga 04.00 WIB. Pekerjaan perbaikan di perlintasan KA tersebut sengaja dilakukan malam hari. Selain berkurangnya arus lalu lintas, juga kosongnya jalur dilewati perjalanan KA,” terangnya.

Baca Juga :   KAI Balai Yasa Surabaya Gubeng Percepat Perbaikan Kereta Api

Menurut dia, usai jalur dinyatakan stabil, selanjutnya akan dilakukan pengaspalan kembali. Selama proses perbaikan berlangsung tidak akan dilakukan penutupan jalan melainkan akan dilakukan pengaturan arus lalu lintas oleh petugas dari Kepolisian.

Baca Juga :   Kedapatan Ngobrol, Penumpang KRL Diturunkan Petugas

“Untuk itu, masyarakat dan pengguna jalan yang akan melintas di lokasi tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati. Karena adanya penumpukan material dan lalu lalang para pekerja. Maka, dengan kondisi tersebut, kemungkinan akan terjadi kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas di sekitar lokasi sehingga pengguna jalan diimbau mencari jalur alternatif,” tutupnya. (*/eva)