NTB dan NTT Resmi Tuan Rumah Bersama PON XXII 2028

JagatBisnis.com-Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat resmi menetapkan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028. NTB dan NTT dinyatakan telah memenuhi persyaratan dan mekanisme melalui tahapan verifikasi oleh Tim TPP KONI Pusat. Keputusan itu ditetapkan pada Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang menjadi rangkaian Rapat kerja Nasional (Rakenas) KONI 2022 pada Senin (12/9/2022) hingga Selasa (13/9/2022).

Baca Juga :   96 Persen Pasokan Listrik di Adonara NTT Sudah Pulih

“Kami menyambut baik penetapan daerahnya menjadi penyelenggara PON edisi ke-22. Alhamdulillah KONI Pusat telah menetapkan NTB dan NTT sebagai Tuan Rumah PON 2028 mendatang,”kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam keterangan tertulis dikutip, Rabu (14/9/2022).

Dia menjelaskan, menjadi tuan rumah PON pada 2028 mendatang merupakan perjuangan yang tidak mudah. Karena menjadi tuan rumah PON dinilai sebagai kerja besar. Lagipula, NTB akan kedatangan tamu sehingga menggerakkan sektor pariwisata, ekonomi.

“Kami, Pemerintah Provinsi NTB bersama KONI NTB akan mempersiapkan segala sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana penunjang PON tersebut ada yang sudah tersedia dan ada yang memerlukan perbaikan-perbaikan. Termasuk merencanakan pembangunan fasilitas yaitu gelanggang olah raga (GOR) baru.

Baca Juga :   Terancam Hukuman Mati Pembawa 100 Batang Detonator di NTT

Dia mengungkapkan, persiapan tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber anggaran, seperti bantuan pusat dari APBN, APBD provinsi, APBD kabupaten dan kota dan sponsor serta dana pihak ketiga yang sifatnya sah dan tidak mengikat.

“Kami siap membangun fasilitas dan sarpras untuk keberlangsungan dan mendukung kelancaran olahraga bergengsi tanah air yang diikuti oleh 34 provinsi se-Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :   Tanah di NTB Mengandung 2 Miliar Ton Tembaga-Emas Onto

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman menyampaikan terima kasih atas ketersediaan dan keinginan NTB dan NTT menjadi tuan rumah bersama PON tahun 2028 mendatang. PON XXII tahun 2028 ini bernama PON Nusa Tenggara. Terdapat 54 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Masing-masing provinsi akan menggelar 27 cabang olahraga. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO