3 Orang Tewas akibat Penembakan di Parkiran Gereja Iowa AS

JagatBisnis.com – Sederet aksi penembakan terjadi di Amerika Serikat dalam beberapa hari ini. Terbaru, seorang pria menembak dan membunuh dua wanita di halaman parkir sebuah gereja di negara bagian Iowa, Amerika Serikat, pada Kamis (2/6/2022).

“Seusai membunuh, pelaku kemudian mengarahkan senjatanya ke dirinya sendiri,” kata kepolisian setempat, dikutip dari Reuters.

“Penembakan Iowa terjadi di luar Cornerstone Church, sebuah gereja fundamentalis Kristen di

timur Kota Ames, sementara sebuah program gereja ada di dalam,” kata wakil kepala Kantor Sheriff Story County, Nicholas Lennie.

Baca Juga :   Pelaku Penembakan di New York Alami Radikalisasi Online

“Ketika petugas tiba di tempat kejadian, mereka menemukan ketiganya tewas,” kata Lennie, menambahkan bahwa dia tidak dapat memberikan identitas atau mengungkapkan apa hubungan di antara korban dan pelaku.

“Ini tampaknya merupakan insiden penembakan tunggal yang terisolasi,” sambung dia.

Penembakan di Iowa terjadi tak lama setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pidato tentang kekerasan senjata setelah penembakan massal di Buffalo, New York; Uvalde, Texas, dan Tulsa, Oklahoma, dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga :   Penembakan di Buffalo, 10 Orang Tewas

Biden pun mendesak Kongres untuk melarang senjata serbu, memperluas pemeriksaan latar belakang dan menerapkan langkah-langkah pengendalian senjata lainnya untuk mengatasi penembakan massal.

“Cukup, cukup!” kata Biden.

Amerika Serikat telah terguncang dalam beberapa hari terakhir oleh penembakan massal yang menewaskan 10 warga kulit hitam di bagian utara New York; 19 anak-anak dan dua guru di Texas; dan dua dokter, resepsionis dan pasien di Oklahoma.

Baca Juga :   19 Orang Tewas dalam Penembakan di Sekolah Dasar Texas

Sementara itu, penembakan lainnya pada Kamis (2/6) juga melukai dua orang saat menghadiri pemakaman di pemakaman Racine, Wisconsin.

“Di Racine, Wisconsin, pada Kamis, beberapa tembakan ditembakkan ke kerumunan pelayat yang menghadiri pemakaman sore hari, melukai dua orang,” kata Sersan Polisi Racine Kristi Wilcox kepada wartawan.

“Satu korban dirawat di rumah sakit setempat dan dibebaskan. Sementara yang lain diterbangkan ke rumah sakit Milwaukee, tampaknya menderita luka yang lebih serius,” kata Wilcox. (pia)

MIXADVERT JASAPRO