UMKM Exhibition & Golf Tournament – “UMKM Naik Kelas”

jagatBisnis.com – Sehubungan dengan penyelenggaraan UMKM Exhibition & Golf Tournament dengan tema “UMKM Naik Kelas”, di Emeralda Golf Club Cimanggis Depok Jawa Barat, Minggu (13/12), Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) dan Koperasi UMKM Alumni Indonesia (KUALI) melakukan konferensi pers.

Dr. Ary Zulfikar SH, MH Ketua Umum Perkumpulan Bumi Alumni menyampaikan bahwa PBA adalah suatu organisasi nirlaba yang fokus kepada pengembangan dan pembinaan ekonomi kerakyatan berbasis komunitas, yaitu komunitas UMKM Alumni Universitas Padjadjaran. Saat ini hampir lebih dari 750 pelaku UMKM tergabung dalam wadah PBA. Tersebar dalam 16 provinsi dan sebagian besar berada di wilayah Jawa Barat dan Jakarta. Dalam program selanjutnya, komunitas ini akan berkembang berdasarkan cluster komunitas lainnya yang mungkin berasal dari alumni-alumni lainnya yang juga melakukan usaha ekonomi kerakyatan.

“KUALI yang merupakan koperasi produsen yang didirikan untuk melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM sehingga UMKM dapat membuka akses pasar dan melakukan peningkatan produksi dan menempatkan pelaku UMKM sebagai bagian dari pembangunan perekonomian secara nasional,” tegasnya.

Beberapa kegiatan telah dilakukan didalam upaya mendukung program Pemerintah dalam rangka pengembangan pelaku UMKM yang secara agregat memberikan kontribusi 60,3 % dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Terlebih lagi pada saat pandemi diperlukan suatu strategi pemasaran dan penguatan branding pelaku UMKM sehingga dapat bertahan baik di saat kondisi pandemi atau kondisi normal.

Dalam upaya penguatan branding, PBA bermaksud untuk melakukan positioning terhadap pelaku UMKM agar produk-produk pelaku UMKM dapat dikenal lebih luas, melalui komunitas-komunitas, baik komunitas pelaku usaha, komunitas profesi maupun komunitas olahraga atau hobby lainnya. “Oleh karenanya kegiatan ‘UMKM Exhibition & Golf Tournament’ dengan tema UMKM Naik Kelas diadakan, sekaligus dalam kesempatan ini, PBA meluncurkan produk one collective mark, dengan merek LUPBA,” jelas Ary.

Kegiatan ini selain untuk menjaga silaturahmi juga dalam rangka memberikan kontribusi secara nyata kepada Pemerintah RI serta memahami pentingnya eksistensi dan peran serta UMKM di Indonesia yang dihadapi oleh UMKM tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan strategi baru untuk mengadaptasi perubahan sosial- ekonomi yang sangat dinamis serta kondisi pandemi COVID 19.

Dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan Covid, dalam kegiatan UMKM Exhibition & Golf Tournament dengan tema “UMKM Naik Kelas” tidak semua pelaku UMKM yang tergabung PBA dilibatkan dalam UMKM Exhibition ini. Pelaku UMKM yang ikut serta dalam kegiatan UMKM Exhibition ini yaitu Pirage Kopi (Kopi), Teti Gari Gari (Makanan Kemasan), Dwi Purwati Collection (Masker), Sankimo (Urinoir), Madu Hitam Baduy (Minuman Kemasan) Mefa Bakcoseuhah Cianjur (Makanan Kemasan), Dapoer Nazra (makanan kemasan), Zoomme T-Shirt (Kaos), Mangaraja (Kopi Kemasan),Tenun Baduy (masker).

Dalam pelaksanaan Kegiatan Golf yang tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid 19, peserta Golf terdiri dari orang yang berasal dari para profesional Instansi Pemerintah, Kementerian, BUMN, Jasa Keuangan, Pasar Modal, Swasta dan Pegiat dan serta pemerhati UMKM

Ketua Panitia UMKM Exhibition & Golf Tournament – UMKM Naik Kelas Endang Hidayatullah mengatakan, “Kami berap penyelengaraan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan tujuan penyelenggaraan ini dapat terwujud.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button