Berita  

Ekspor Produk UMKM, Sasar Pasar Timur Tengah

JagatBisnis.com-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berpartisipasi pada rangkaian kegiatan Expo 2020 Dubai yang digelar di Paviliun Indonesia sejak 17-23 Desember 2021. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari World Expo, yakni ajang ketiga terbesar di dunia setelah Olimpiade dan Piala Dunia. Setelah sempat tertunda di 2020 akibat pandemi, perhelatan ini akhirnya digelar pada Oktober 2021 hingga Maret 2022.

Baca Juga :   Dukung UMKM Lokal, TikTok Indonesia Hadirkan Pelatihan 'Maju Bareng TikTok'

Atase Keuangan RI di Abu Dhabi, Boby Wahyu Hernawan mengatakan, perhelatan yang diikuti 192 negara ini dipercaya bakal membuka peluang untuk mendorong ekspor produk UMKM Indonesia. Karena UMKM Indonesia memiliki peran besar bagi ekonomi Indonesia. UMKM juga memilki peran penting dalam gejolak ekonomi saat ini.

“Kini, Indonesia ditantang dengan keterbukaan ekonomi dunia. Kami membahas peluang dan cara bagi UMKM Indonesia untuk menembus pasar internasional, terutama Timur Tengah,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (19/12/2021).

Baca Juga :   Membangun Bisnis saat Krisis, Danone Indonesia Bersama Kampus Bisnis Umar Usman Siap Dampingi Masyarakat

Sementara itu, Manajer Komersial Internasional sekaligus Mantan Manajer Wilayah Indonesia Lulu Grup Hypermarket, Ajay Nair, menambahkan, peluang produk UMKM Indonesia untuk merambah pasar Timur Tengah sangat besar, terutama Dubai dan Abu Dhabi.

Baca Juga :   UKM Unggulan Difasilitasi untuk Ikut Pameran Nasional dan Internasional

“Kami mencari produk perabotan rumah tangga, minyak, Indonesia juga terkenal dengan hasil ikannya. Ini sebuah peluang yang memiliki prospek bagus untuk beberapa tahun ke depan,” tutup Ajay. (*/esa)