Tidak Hanya Lakukan Pengawasan, Bea Cukai Aktif Bantu Masyarakat di Berbagai Daerah

JagatBisnis.com – Peran Bea Cukai di masyarakat tidak hanya ditunjukkan dalam asistensi terhadap pelaku usaha di bidang impor ekspor, cukai, atau pengawasan terhadap peredaran barang-barang ilegal. Bea Cukai juga secara aktif membantu masyarakat lewat berbagai kegiatan kemanusiaan. Kali ini Bea Cukai Wilayah Khusus Papua, Bea Cukai Cikarang, dan Bea Cukai Jambi mengadakan kegiatan penggalangan dana dan donor darah sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

Kegiatan Bea Cukai Bea Cukai Wilayah Khusus Papua yang dibalut dengan serangkaian kegiatan sosial merupakan wujud solidaritas pegawai Bea Cukai di tanah Papua untuk para korban bencana alam di Mamuju, Sulawesi Barat. “Kegiatan ini diawali dengan penggalangan dana yang dilakukan secara serentak dan sukarela pada seluruh pejabat dan pegawai Direktorat Bea dan Cukai di Papua dan Papua Barat. Hasil penggalangan dana tersebut diwujud nyatakan dalam bentuk paket sembako dan paket Gizi untuk anak- anak di camp pengungsian,” ungkap Akhmad Rofiq, Kepala Kanwil Bea Cukai Khusus Papua.

Bea Cukai Papua yang dibantu oleh tim lapangan dari Gedung Keuangan Negara Mamuju langsung mendatangi camp pengungsian yang berada di Mamuju untuk melaksakan Trauma Healing dan pembagian paket sembako dan peket gizi pada korban bencana alam. Harapannya dengan melakukan kegiatan “BC Papua Peduli” ini dapat membantu dan meringankan para korban bencana alam di mamuju secara khusus dan semoga kondisi perekonomian masyarakat di Sulawesi Barat secara umum segera pulih dan beraktivitas normal kembali.

Selain itu, Bea Cukai Cikarang melakukan donor darah serentak untuk menambah pasokan darah di Palang Merah Indonesia yang semakin menipis di tengah pandemi Covid-19. “Kami bekerja sama dengan unit Donor Darah PMI Kabupaten Bekasi menyelenggaran kegiatan donor darah sebagai salah satu upaya membantu mencukupi ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Bekasi,” ungkap Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Cikarang, Mohamad Nur Eko Yuwono.

Kegiatan donor darah ini juga dimanfaatkan sebagai momentum memberikan sosialisasi mengenai prosedur registrasi IMEI kepada para pengguna jasa. Dalam sosialisasi ini disampaikan juga mengenai batas waktu registrasi IMEI, persyaratan, serta tata cara registrasi IMEI baik di bandara maupun di Kantor Bea Cukai terdekat.

Tidak ketinggalan Bea Cukai Jambi juga melakukan kegiatan donor darah. Selain pegawai Bea Cukai, kegiatan juga dilakukan oleh pengguna jasa dan perwakilan Kementerian Keuangan wilayah Jambi. “Selain melakukan kegiatan donor darah, Bea Cukai Jambi juga mengadakan kegiatan kepedulian dengan membagikan 90 paket sembako yang dibagikan kepada para buruh di daerah Pelabuhan Talang Duku, Jambi,” tutup Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Jambi, Enny Efriani. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button