Kini, Salin Teks Foto Google Lens Bisa Dipakai di Desktop

JagatBisnis.com – Teknologi Google Lens kini bisa dijumpai di versi PC atau laptop. Fitur tersebut kini bisa dimanfaatkan untuk mengambil teks yang berasal dari foto atau gambar kamera. Sehingga teks yang ada dalam gambar dapat disalin dan ditempel ke tempat yang diinginkan. Fitur ini diketahui sudah tersebar secara luas.

“Untuk menggunakannya, Anda bisa mengunjungi situs Google Photos dan unggah foto atau gambar yang teksnya mau diambil. Teknologi Google Lens tersebut kemudian akan muncul lewat layar pop up di bagian atas. Lalu, Anda bisa memilih opsi tersebut untuk menyalin teks yang ada di foto ke dalam format teks desktop,” kata Google seperti dikutip Rabu (14/4/2021).

Teknologi yang ada pada Google Lens ini didukung oleh Optical Character Recognition (OCR) yang rilis pada 2018. Teknologi tersebut dapat secara otomatis menyalin teks apapun yang terdeteksi dalam gambar. Itu juga memungkinkan pengguna menempelkannya di tempat lain agar lebih mudah disimpan.

Teknologi Google Lens banyak digunakan di Android dan iOS untuk menscan QR code ataupun menyalin teks dari foto ke desktop. Saat ini, Google Lens sudah otomatis muncul ketika Anda membuka aplikasi dari Google yang berhubungan dengan foto, seperti Google Search atau Google Translate.

Sejauh ini, versi browser Google Photos tidak memberikan opsi menerjemahkan gambar yang berisi teks dari Spanyol. Aplikasi juga sepertinya tidak bisa mengidentifikasi beberapa tulisan seperti hewan dan tumbuhan.

Untuk Google Photos versi dekstop memang baru saja menghadirkan satu fitur, yakni menyalin teks. Namun, diyakini Google akan memberikan fitur lain ke Google Photos di browser PC. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button