Google Miliki Fitur Baru untuk Menangkal Berita Palsu

JagatBisnis.com –  Mesin pencari Google tak jarang dimanfaatkan beberapa oknum untuk menyebarkan hoax (informasi bohong). Menyadari hal itu, Google kembali memperkenalkan fitur baru untuk layanan Google Search, bernama “About this Result”
Fitur ini sebenarnya sudah diperkenalkan pada Februari lalu. Namun akhir bulan ini akan diluncurkan secara resmi dalam bahasa Inggris sebelum menyusul bahasa lainnya.

Fitur baru ini berupa halaman khusus yang hadir untuk mempermudah pengguna dalam mengevaluasi sumber informasi dari situs yang pengguna cari. Misalnya, ketika pengguna memasukan kata kunci “cara memulai investasi saham”. Nantinya, hasil pencarian akan menyodorkan aneka macam situs yang berkaitan dengan kata kunci pencarian.

“Nah, ketika memilih salah satu situs, pengguna bisa memastikan terlebih dahulu bahwa sumber informasi yang ditulis dalam laman tersebut valid. Sehingga pengguna akan mendapat informasi terkait website tersebut,” tulis Google seperti yang dikutip Selasa (25/5/2021).

Menurut Google, tentunya fitur baru ini sangat membantu terkait website tersebut bisa terpercaya atau hanya website yang baru dibuat untuk menyebarkan hoaks.
Intinya Google, terus berupaya mengurangi penyebaran hoaks di masyarakat. Semakin sering fitur ini digunakan maka informasi yang akan didapat nantinya akan semakin akurat.

“Kami akan membantu pengguna untuk menilai apakah website yang mereka temukan saat pencarian terpercaya atau tidak. Sehingga pengguna diharapkan bisa lebih kritis dan lebih cermat untuk memilih sumber informasi yang akan dikonsumsi,” tutup Google. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button