Dirjen Bea Cukai Minta Jajarannya Mampu Optimalkan Peran Dalam Implementasi Kebijakan Terbaru Pemerintah

jagatBisnis.com – Sebagai langkah lanjutan implementasi program National Logistic Ecosystem (NLE) dan kepekaan Bea Cukai menanggapi isu strategis lainnya seperti Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Omnibuslaw, Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi memberikan arahan kepada jajarannya, pada Rabu tanggal 21 Oktober 2020 secara daring pada acara sosialisasi NLE.

Heru menyampaikan bahwa Bea Cukai tidak cukup dengan peka terhadap isu terkini saja, namun harus diikuti dengan langkah konkrit menjalankan tugas dan fungsi Bea Cukai. Saat ini, Bea Cukai secara tidak langsung terlibat dalam 3 isu strategis nasional. Isu pertama adalah NLE, di mana Bea Cukai terlibat langsung di lapangan dengan sektor logistik dan tusi fasilitasi perdagangan dan industri. “Maka sangat penting untuk focus pada peningakatan layanan dan kecepatan serta kemudahan perizinan dan prosedur,” ungkap Heru.

Isu kedua yakni UU Cipta Kerja, di mana Bea Cukai juga berperan dalam mendorong investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan melalui kebijakan fasilitas fiskal serta asistensi industri. Yang terakhir, yaitu isu PEN di mana Bea Cukai berperan dalam mendorong ekspor dan mengumpulkan pendapatan negara guna percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Saya yakin kita (Bea Cukai) pasti mampu menjalankan peran dalam isu strategis nasional ini, karena Bea Cukai sudah terbiasa 1 kaki diruang rapat, dan 1 kaki lainnya di lapangan. Segera koordinasikan dan segera buat keputusan, lalu implementasikan dengan kolaborasi di setiap level satker dan kemudian lakukan monitoring dan evaluasi,” ungkap Heru. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button