Apple Pindahkan Produksi iPad & MacBook ke Vietnam

jagatBisnis.com – Foxconn dilaporkan akan memindahkan sebagian produksi iPad dan MacBook dari China ke Vietnam atas permintaan Apple.

Jalur produksi baru diperkirakan akan mulai beroperasi pada paruh pertama 2021 sebagai upaya Apple meringankan dampak ketegangan perang dagang AS-China pada rantai pasokan, demikian menurut laporan Reuters.

Meski demikian, masih belum jelas model iPad dan MacBook yang mana yang akan dibuat di Vietnam.

Foxconn merupakan mitra lama Apple dalam memproduksi perangkat, termasuk iPhone. Pabrikan perangkat asal Taiwan yang juga bermitra dengan beberapa vendor ponsel ini berencana untuk memindahkan lebih dari 30 persen jalur produksinya ke luar China dan telah menginvestasikan US$270 juta di Vietnam, menurut laporan Nikkei.

Pemerintahan Donald Trump telah menggunakan tarif dan alat perdagangan internasional lainnya untuk menekan negara-negara seperti China untuk mengubah perjanjian dengan AS, meskipun ada kritik bahwa itu akan merugikan bisnis AS dan mendorong kenaikan harga barang.

Menengok ke belakang, pada Agustus lalu, chairman Foxconn mengatakan kepada investor bahwa ‘hari-hari China sebagai pabrik dunia telah selesai’.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button