Mulai September 2024, PNS Pindah ke IKN

JagatBisnis.com Pemindahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) batal dilakukan Juli 2024. Rencananya dipindahkan pada September mendatang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Anas menjelaskan, hal itu menimbang kesiapan hunian yang akan diptiortotaskan untuk para tamu-tamu negara maupun peserta upacara kemerdekaan 17 Agustus mendatang di IKN.

“Juli sebagian akan pindah, seperti Menteri akan pindah, ASN baru mulai pindah setelah upacara 17 Agustus, karena masih memerlukan apartemen yang cukup banyak untuk peserta upacara, insya allah September,” ujar Azwar Anas dalam konferensi pers di Kantor Kemenkominfo, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga :   Pemberian Tukin PNS Bakal Diatur Ulang

Lebih lanjut, Anas memaparkan jumlah hunian ASN yang tersedia pada tahun 2024 berdasarkan informasi dari Kementerian PUPR pada bulan Juli 8 Tower dengan jumlah 480 unit, bulan Agustus 14 tower sebanyak 840 unit, sedangkan November 7 tower sebanyak 420 unit.

Baca Juga :   Bulan Depan, Guru PPPK Terima Gaji Setara PNS

“Sehingga totalnya pada tahun 2024 akan ada 29 tower Rusun ASN dengan total 1.740 unit,” sambung Anas.

Pemindahan ASN ke IKN ini terbagi menjadi 3 termin, prioritas pertama yang akan pindah pada bulan September terdiri dari 179 eselon I di 38 Kementerian/Lembaga (K/L), prioritas kedua sebanyak 91 unit I dari 29 K/L, dan prioritas ketiga 378 unit eselon I dari 59 K/L.

Baca Juga :   Jelang Pilkada 2024, PNS Pemprov DKI Diminta Tetap Netral

“Pemindahan bertahap, tapi ASN akan pindah setelah upacara 17 Agustus, karena akan dipakai (hunian ASN) bagi peserta uapacara di IKN, karena itu memerlukan apartemen dan penginapan yang cukup banyak,” kata Anas. (tia)

MIXADVERT JASAPRO