Penyidik Bareskrim Hari Ini Periksa 1 Tersangka TPPO Mahasiswa ke Jerman

JagatBisnis.com –  Penyidik Bareskrim Polri bakal memeriksa satu tersangka kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) 1.047 mahasiswa dengan modus program magang ke Jerman, Rabu (3/4/2024).

“Betul (dipanggil untuk diperiksa hari ini),” kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskri Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro saat dikonfirmasi, Rabu (3/4/2024).

Djuhandani juga membenarkan bahwa satu tersangka itu adalah Guru Besar Universitas Jambi, Sihol Situngkir (SS) yang diagendakan menjalani pemeriksaan pukul 10.00 WIB.

Baca Juga :   Dituding Terima Aliran Dana Korupsi BTS, Politisi Demokrat Lapor Bareskrim

“Semoga yang bersangkutan memenuhi panggilan kita,” ucapnya.

Sebelumnya, Sihol Situngkir menegaskan bakal menghadiri panggilan hari ini, namun ia membantah terlibat dalam kasus TPPO.

Sihol mengatakan bahwa dirinya tidak pernah memaksa pihak kampus untuk mengikuti mahasiswanya dalam program magang ke Jerman, ia hanya bertugas mensosialisasikan.

“Saya tidak memcampuri rekruitmen mahasiswa dan lain-lain, no time, karena saya banyak pekerjaan lain, saya karena dianggap mereka saya mampu menjelaskan ini, setiap rektor ya harus mampu menjelaskan ini,” kata Sihol kepada wartawan, dikutip Selasa, (2/4/2024).

Baca Juga :   Terkait Permohonan Justice Collaborator Bharada E, LPSK Datangi Bareskrim Polri

Sihol mengaku merasa dikorbankan dalam kasus ini, karena niatnya adalah mensosialisasikan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) milik Kemendikbud.

Diketahui, ada dua tersangka berinisial ER alias EW (perempuan) dan A alias AE (perempuan), yang berafiliasi dengan PT. SHB dan PT CVGEN. Keduanya merupakan agen yang mengenalkan program magang ke Jerman dengan klaim MBKM.

Baca Juga :   LPSK Bentuk 9 Tim Khusus Tangani Ribuan Korban Investasi Bodong

“Saya sekali guru besar, masa program Nadiem Makarim tidak kita… Programnya bagus, cuma persoalan kalau ada bias bias di lapangan itu urusan pelaksana di lapangan, saya bukan pelaksana lapangan,” ucapnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO