Berita  

Sandiaga Uno Rencanakan Pengembangan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Ibu Kota Nusantara

Sandiaga Uno Foto: Tribun

JagatBisnis.comMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengumumkan rencana ambisius untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan fokus pada konsep keberlanjutan dan pengalaman perjalanan yang mulus.

Dalam acara yang diselenggarakan di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Sandiaga menjelaskan bahwa rencana pengembangan pariwisata di IKN akan difokuskan pada ekowisata, yang mencerminkan tren global menuju kesetaraan dan keberlanjutan.

Sandiaga menyatakan keyakinannya bahwa prospek pariwisata di IKN sangat menjanjikan, terutama dengan dukungan dari daerah sekitarnya. Untuk itu, Kemenparekraf akan mendorong pembangunan desa wisata dan kreatif di sekitar IKN.

Baca Juga :   Vaksinasi COVID-19 Diharapkan Bisa Tingkatkan Jumlah Turis Domestik

Ada lima destinasi wisata di sekitar IKN yang akan dikembangkan, semuanya terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ini termasuk Desa Wisata Mentawir, Desa Budaya Pampang, Kebun Raya Balikpapan, Pantai Tanah Merah, dan Bukit Bangkirai. Setiap destinasi menawarkan pengalaman unik, mulai dari petualangan ekstrem hingga keindahan alam yang memesona.

Baca Juga :   Sore Ini, Sandiaga akan Resmi Jadi Kader PPP

Sandiaga juga mengungkapkan bahwa ada 13 desa wisata di Kalimantan Timur yang telah diakui dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia pada tahun 2023, dan Kemenparekraf berencana untuk terus menambah jumlah desa wisata di sekitar IKN.

Baca Juga :   Hore! Indonesia Kembali Masuk Negara Pendapatan Menengah Atas

Dalam upayanya untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI), untuk memperluas jaringan desa wisata, kawasan wisata, kota kreatif, dan sentra kreatif.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO