Pariaman Sumbar Dilanda Banjir Bandang

JagatBisnis.com –  Banjir bandang melanda wilayah Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Ini karena tingginya curah hujan pada Kamis (7/3) hingga Jumat (8/3) yang mengakibatkan meluapnya sungai dan longsor.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatra Barat, tercatat 1 orang tewas karena terseret arus banjir dan 2 orang lainnya ditemukan tewas tertimbun longsor. Daerah yang terdampak sebanyak 15 kecamatan dan 32 nagari.

“Satu orang meninggal dunia karena terseret arus banjir dan dua orang lainnya ditemukan meninggal dunia tertimbun material longsor,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari lewat keterangannya.

Baca Juga :   Tragedi Banjir Bandang Hong Kong: Pekerja Migran Indonesia Tewas dalam Bencana Mematikan

Selain itu, sebanyak 2.958 warga terdampak banjir dan 800 unit rumah terendam dengan ketinggian air berkisar di antara 30 hingga 300 cm.

Baca Juga :   9 Rumah Warga Rusak akibat Diterjang Banjir Bandang

Sejumlah infrastruktur pun turut alami kerusakan yakni 3 unit rumah, 3 jembatan, 1 jalan, 5 fasilitas umum dan 10 hektare lahan pertanian.

BPBD Kabupaten Padang Pariaman bersama tim gabungan masih bahu membahu untuk melakukan penanganan darurat, evakuasi dan juga pembersihan material lumpur.

Baca Juga :   Ratusan Warga di Garut Mengungsi akibat Banjir Bandang

“Untuk pemenuhan kebutuhan permakanan Dinas Sosial telah mendirikan dapur umum dan pihak Nagari/Kelurahan mendirikan dapur umum secara swadaya. Dinas Kesehatan juga telah mendirikan posko kesehatan di beberapa titik banjir untuk mengantisipasi adanya warga yang mengalami sakit,” tandasnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO