Dirjen Bea Cukai Pantau Pembangunan Smelter PTFI di Gresik

JagatBisnis.com Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani, turut mendampingi kunjungan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ke Kawasan Industri JIIPE, Gresik, pada Kamis (29/02). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa proyek pembangunan smelter PTFI berjalan sesuai target waktu yang telah ditetapkan.

Eko Rudi Hartono, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Gresik, mengatakan bahwa Dirjen Bea Cukai turut didampingi oleh jajaran pejabat dari Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Timur (Jatim) I dan Kantor Bea Cukai Gresik.

“Kehadiran para pejabat Bea Cukai bertujuan untuk melakukan pemantauan langsung terhadap implementasi prosedur dan regulasi yang telah disepakati dalam proyek PTFI,” ujar Eko.

Baca Juga :   Optimalkan Peran Anjing Pelacak dalam Deteksi Narkoba, Bea Cukai Terapkan “Container Examination Dog”

Lebih lanjut Eko mengatakan bahwa kegiatan kunjungan meliputi pemastian terkait penerimaan dan pemeriksaan dokumen impor, pengawasan terhadap kepabeanan dan cukai, serta upaya-upaya peningkatan efisiensi dalam proses logistik yang terkait dengan pembangunan smelter.

Baca Juga :   Tiga Kali dalam Seminggu, Bea Cukai Bogor Gagalkan Pengiriman Synthentic Cannabinoid

Kunjungan ini tidak hanya merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung investasi dan pembangunan infrastruktur di sektor pertambangan, tetapi juga sebagai wujud nyata dari sinergi antara Kementerian ESDM dan Dirjen Bea Cukai dalam memastikan keberhasilan proyek strategis ini.

Baca Juga :   Petugas Bea Cukai Ringkus Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal di Kudus dan Pekanbaru

“Dengan adanya pendampingan langsung dari pihak berwenang, diharapkan bahwa pembangunan smelter PTFI dapat berjalan sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan, serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri pertambangan dan ekonomi nasional secara keseluruhan,” pungkas Eko. (Rza)

MIXADVERT JASAPRO