Badan Pangan Nasional: Persediaan Pangan Aman Selama Musim Kemarau

jagatbisnis.com РJAKARTA. Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan persediaan pangan aman pada saat kemarau sampai berakhirnya musim kemarau.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan cadangan pangan pemerintah (CPP) guna mengantisipasi dampak musim kemarau terhadap pasokan pangan.

Dia menyebut bahwa Bulog telah menyimpan cadangan beras lebih dari 1 juta ton.

Baca Juga :   Bapanas Dukung Penerbitan Regulasi Kurangi Food Loss and Waste

“Badan Pangan Nasional siapkan CPP untuk antisipasi, saat ini semua sedang berjalan,” kata Arief kepada Kontan, Senin (6/5).

“Perubahan iklim ini terjadi di seluruh dunia, menjadi perhatian dunia, tidak hanya di Indonesia. Tapi kita semua harus siapkan dengan baik. Pak Mentan sedang siapkan peningkatan produksi,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Bapanas juga melakukan pengawasan terhadap ketersediaan pasokan seluruh komoditas pangan strategis selama musim kemarau.

Baca Juga :   Harga Beras Turun di Bulan Puasa? Bulog dan Bapanas Jamin, Begini Caranya!

Menurut Kepala Pusat Pembenihan Nasional Serikat Petani Indonesia (SPI) Kusnan, hingga saat ini belum ada dampak signifikan dari suhu panas kemarau terhadap produksi tanaman padi. Namun, fenomena ini dapat berpengaruh pada tumbuh-tumbuhan lain seperti jagung, tanaman holtikultura, tembakau, dan buah-buahan.

Baca Juga :   Pandemi, Pengusaha Hijrah ke Pasar Digital

Dia juga memprediksi persediaan beras nasional aman.

“Untuk stok beras, saya perkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional hingga September,” kata Kusnan.

Asal tahu saja, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi kemarau pada awal Mei 2024 akan berlangsung dengan suhu tinggi dan cuaca cerah sepanjang siang. (Hfz)

MIXADVERT JASAPRO