3 Jenis Pendidikan yang Diperlukan untuk Menjadi Kaya Raya Menurut Robert Kiyosaki

jagatbisnis.com – Robert Kiyosaki, penulis terkenal buku “Rich Dad, Poor Dad”, selalu berbicara banyak tentang pentingnya pendidikan finansial.

Mengingat “Poor Dad”-nya adalah seorang guru yang berpendidikan tinggi dan “Rich Dad”-nya tidak pernah menyelesaikan kuliah, Kiyosaki selalu menyatakan bahwa mendidik diri sendiri tentang keuangan adalah prioritas yang lebih penting.

Melansir GoBankingRates, Kiyosaki mengatakan bahwa setiap orang memerlukan lebih dari sekadar pendidikan akademis tradisional. Namun bukan berarti pendidikan konvensional tidak diperlukan.

Kiyosaki juga menyarankan jenis pendidikan penting kedua: pelatihan dalam profesi atau karier yang menguntungkan, yang menurutnya adalah “pendidikan untuk menghasilkan uang dengan menjadi anggota masyarakat yang produktif.”

Namun ia tetap meyakini pendidikan yang paling penting adalah pendidikan finansial.

1. Pendidikan Akademis

Pendidikan akademis adalah jenis pendidikan standar yang kita semua kenal: menghitung angka-angka di kelas matematika, membedah katak dalam sains, dan memperoleh pemahaman dasar tentang peristiwa-peristiwa yang telah membentuk dunia kita melalui sejarah, dan masih banyak lagi.

Kelas-kelas ini mengajarkan kita keterampilan seperti penalaran dan berpikir kritis serta informasi inti yang perlu kita ketahui untuk melanjutkan ke fase kehidupan berikutnya, baik kita melanjutkan pendidikan tinggi atau tidak.

Namun Kiyosaki selalu mengatakan bahwa sekolah tradisional mempunyai satu kegagalan besar. Yakni tidak mengajarkan siswa tentang uang atau memberi mereka pendidikan keuangan apa pun.

“Sekolah tradisional hanya mengajarkan Anda bagaimana menjadi karyawan yang baik,” kata Kiyosaki.

Baca Juga :   Setukpa Lemdiklat Polri Komitmen Bantu Pendidikan Di Desa Cibeurih

Meskipun pendidikan akademis dapat memberikan landasan yang kokoh bagi pengetahuan dan keterampilan umum, pendidikan akademis tidak memberikan kita apa yang kita perlukan untuk membelanjakan dan menabung uang dengan bijak, menginvestasikannya pada peluang yang tepat, dan mengembangkan kekayaan pribadi kita.

Seperti yang dikatakan Kiyosaki, “Tidak ada gunanya mempersiapkan Anda menghadapi dunia nyata jika Anda ingin menjadi kaya.”

2. Pendidikan Profesional

Apa yang Kiyosaki sebut sebagai pendidikan “profesional” mencakup hal-hal seperti pendidikan tinggi dan kegiatan akademis yang mengarah ke gelar dan karir kelas atas atau pelatihan kerja pragmatis yang lebih “langsung” seperti pergi ke sekolah penerbangan untuk menjadi pilot atau sekolah kuliner untuk menjadi koki.

Kiyosaki mengakui bahwa pendidikan profesional dapat menyiapkan kita untuk kehidupan kelas menengah yang nyaman. Dia sendiri bersekolah di Merchant Marine Academy dan kemudian belajar menjadi pilot setelah mendaftar di Angkatan Laut selama Perang Vietnam.

Keterampilan yang dia pelajari selama periode hidupnya ini dapat menghasilkan karier yang menguntungkan yang memungkinkan dia memperoleh penghasilan yang layak.

Namun Kiyosaki tahu dia tidak ingin bekerja demi gaji dari tahun ke tahun. Apa yang dia incar lebih sulit dipahami tetapi jauh lebih menarik. Dia tidak ingin menjadi karyawan bergaji tinggi yang bekerja untuk orang lain; dia ingin menjadi kaya.

Bagi Kiyosaki, terlalu bergantung pada pendidikan profesional sebagai jalan untuk membangun kekayaan bisa menjadi sebuah jebakan.

Baca Juga :   Orangtua Harus Tahu 4 Hal saat Memilih Sekolah untuk Anaknya

“Orang yang menjadi pengacara, dokter, dan pilot memang menghasilkan banyak uang, bukan?” katanya.

Tapi dia kemudian menjelaskan bahaya yang melekat dalam gaya hidup tradisional ini.

“Masalahnya, walaupun mereka punya banyak uang, mereka tidak kaya. Mereka membayar banyak uang dalam bentuk pajak dan tidak begitu tahu cara kerja uang. Jadi, mereka membelanjakan uangnya untuk liabilitas dibandingkan berinvestasi pada aset atau membangun bisnis,” paparnya.

Dengan kata lain, “Pendidikan profesional mengajarkan Anda cara memiliki pekerjaan, bukan cara memiliki bisnis atau menginvestasikan uang Anda.”

3. Pendidikan Finansial

Meskipun Anda mungkin membutuhkan – dan mendapat manfaat – dari pendidikan karir tradisional dan profesional, hal tersebut tidak akan membantu Anda mengumpulkan kekayaan nyata dan bisa menjadi semacam jebakan yang sulit untuk dihindarkan.

“Yang terbaik, Anda akan belajar cara membuat anggaran, membuka rekening tabungan, dan menyeimbangkan buku cek,”  urainya.

Jika tujuan Anda, seperti Kiyosaki, adalah menjadi kaya, Anda memerlukan pendidikan ketiga dan terpenting, yaitu pendidikan finansial.

“Jika Anda ingin menjadi kaya di dunia saat ini, Anda memerlukan pendidikan keuangan selain pendidikan akademis dan profesional. Anda memerlukan kecerdasan finansial untuk sukses,” kata Kiyosaki.

Belajar tentang investasi, memahami perbedaan antara aset dan liabilitas, serta mencari tahu manfaat pajak yang dapat Anda gunakan untuk melindungi dan meningkatkan kekayaan Anda, menurut Kiyosaki, adalah kunci sebenarnya untuk membebaskan diri Anda dari ketergantungan pada orang lain untuk menandatangani gaji Anda.

Baca Juga :   16 Kampus di Yogya Mulai Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Bisa Daftar dari Rumah

Hal ini memberi Anda pengetahuan dan alat untuk membuat uang Anda bekerja untuk Anda, bukan sebaliknya.

Orang Kaya Tak Bisa Sendiri

 

Kiyosaki mengakui bahwa Anda memang membutuhkan manfaat dari ketiga jenis pendidikan tersebut dan Anda tidak bisa sukses tanpa bantuan pengacara, akuntan, broker yang hebat, dan banyak lagi.

“Bahkan dengan pendidikan finansial yang baik, Anda perlu bergantung pada keterampilan yang Anda atau profesional lain pelajari untuk mengelola kekayaan Anda dan mendapatkan hasil maksimal,” urainya.

Dari sudut pandang Kiyosaki, jalan sebenarnya menuju kekayaan bukanlah soal memilih satu jenis pendidikan dibandingkan yang lain, namun memahami kekuatan dan kelemahan masing-masing jenis pendidikan.

Pendidikan akademis dapat memberikan pengetahuan menyeluruh tentang dasar-dasar dan kemampuan berpikir kritis yang halus. Pendidikan profesional dapat memberi Anda sarana untuk mendapatkan penghasilan yang stabil dan gaya hidup yang nyaman.

Tapi untuk kekayaan nyata? Pendidikan finansial adalah persyaratan utama untuk menjadi — dan tetap — kaya.

“Ini mengajarkan Anda tentang utang dan cara memanfaatkannya, sejarah uang, apa itu laporan keuangan dan cara membacanya, perbedaan antara aset dan liabilitas, dan banyak lagi,” jelasnya.

Meskipun ketiganya penting, pendidikan finansial adalah hal yang pada akhirnya memberi Anda kunci untuk membuka kekayaan pribadi yang signifikan. (Hfz)

MIXADVERT JASAPRO