Awas, Ada Uang Rp100 Ribu Baru Palsu

JagatBisnis.com Viral video uang palsu pecahan Rp100.000 keluaran terbaru yakni tahun emisi 2022. Dalam video tersebut, uang rupiah tidak memiliki warna hijau ketika dicek menggunakan sinar ultra violet.

Melansir laman Bank Indonesia, Jumat (8/3/2024), pada bagian depan uang Rp100 tahun emisi 2022 menampilkan Tokoh Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs Mohammad Hatta, sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Anggrek Bulan, dan beberapa motif khas Indonesia.

Sementara itu pada bagian belakang menampilkan Tari Topeng Betawi yang disandingkan dengan keindahan alam Raja Ampat, serta dipadukan dengan keanggunan Bunga Anggrek Bulan yang dikenal sebagai Puspa Pesona. Desain uang pecahan Rp100.000 bagian belakang diperindah dengan motif khas Indonesia.

Baca Juga :   Pengedar Dolar Palsu di Purwakarta Ditangkap

Untuk mengetahui cara membedakan uang asli dan palsu Rp100 ribu baru, berikut ini uraian langkah 3D yang telah dikampanyekan oleh Pemerintah dan Bank Indonesia.

1. Dilihat

Langkah pertama dalam cara membedakan uang asli dan palsu Rp100 ribu baru adalah dengan melihatnya. Dari sisi desain, uang Rp100 ribu baru TE 2022 memiliki gambar 2 tokoh proklamator Indonesia dan dilengkapi dengan lambang negara, Kepulauan Indonesia, dan bunga anggrek bulan.

Sedangkan dari sisi belakang, uang 100 ribu baru TE 2022 menampilkan Tari Topeng Betawi, gambar Kepulauan Raja Ampat yang dipadukan dengan keanggunan bunga anggrek bulan.

Baca Juga :   Waspada, Uang Palsu Mulai Marak Beredar

Selain itu, terdapat juga angka nominal pecahan, benang pengaman, dan tinta yang dapat berubah warna khusus pada uang pecahan Rp100.000, Rp50.000, dan Rp20.000.

2. Diraba

Langkah kedua membedakan uang asli dan palsu Rp100 ribu baru adalah dengan merabanya. Jika asli, uang Rp100 ribu baru akan memiliki kode tunanetra atau blind code pada sisi samping kanan-kiri bagian depan.

Dari segi ukuran, uang pecahan Rp100 ribu TE 2022, dibuat sepanjang 151x65mm.

Perlu diketahui, selain memiliki blind code, uang TE 2022 juga didesain dengan selisih panjang 5mm antar pecahan agar memudahkan para tunanetra dalam membedakannya.

Baca Juga :   Polisi Bekuk Lima Pemalsu Uang Amatiran

3. Diterawang

Langkah terakhir dalam cara membedakan uang asli dan palsu Rp100 ribu baru adalah dengan menerawangnya. Ketika diterawang, uang Rp100 ribu baru yang asli akan menunjukkan watermark dan gambar saling isi (rectroverso).

Selain itu, apabila dilihat di bawah sinar UV, nominal 100.000, BI, Kepulauan Negara Indonesia, kode tunanetra, dan gambar bunga anggrek bulan akan tampak menyala seperti gambar di atas.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, Anda bisa simak panduan selengkapnya di artikel cara membedakan uang asli dan palsu.(tia)

MIXADVERT JASAPRO