Jokowi Temui Ribuan Pelaku UMKM di Bitung

Presiden Jokowi Foto: CNBC Indonesia

JagatBisnis.com –  Presiden Jokowi, menemui ribuan pelaku UMKM binaan Keluarga Sejahtera (Mekar) Permodalan Nasional Madani (PNM) di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) Jumat (23/2).

Kegiatan yang berlangsung di Sport Hall and Convention Bitung ini, sekaligus menjadi ajang silaturahmi Presiden Jokowi dengan 3.500 nasabah UMKM di bawah naungan Mekar PNM.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menceritakan tentang awal dirinya menjadi seorang pengusaha. Dia mengaku ketika baru memulai pada tahun 1988, dia harus bekerja dari subuh sampai malam agar usahanya berhasil dengan baik.

Baca Juga :   Lanjutkan Kunker di Jateng, Presiden Jokowi Resmikan Terminal hingga Jembatan

Menurutnya usaha keras yang dijalani berbuah baik, karena di tahun pertama usaha bisa berkembang dan bisa menembus penjualan di kota Jakarta. Dan tahun kedua penjualan produk miliknya berhasil menembus pasar di luar negeri.

“Akan sangat terasa maknanya jika usaha dilakukan dengan semangat, karena hasilnya akan sangat maksimal dan memuaskan,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan kepada para pelaku UMKM tentang dua kunci besar agar usaha yang dijalankan bisa berkembang dan sukses. Yang pertama adalah semangat kerja dan kedua adalah disiplin.

Baca Juga :   Tiba di Lombok, Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan jika pemerintah saat ini telah mengucurkan dana pinjaman sebesar Rp 2,1 Triliun lewat PNM untuk para nasabah Mekar di Sulut.

Untuk itu, Jokowi berharap agar selain semangat kerja, para pelaku UMKM ini juga harus disiplin terutama terkait dengan modal. Menurut Jokowi, jika mereka pintar mengelola modal maka usaha akan terus berkembang.

Baca Juga :   Gibran Harus Minta Izin Jokowi, Peluang Maju Cawapres Prabowo Terbuka

Termasuk ketika meminjam uang dari PNM sebagai modal, maka jika di awalnya hanya sebesar Rp 1 juta, tapi kalau disiplin digunakan untuk mengembangkan usaha, maka ke depan bisa terus meningkat hingga mencapai Rp 1 miliar.

“Untuk itu, sekali lagi saya ingatkan untuk hati-hati dalam penggunaan modal pinjaman, di mana itu harus dikelola dengan baik karena juga akan berimbas pada kita dan usaha kita ke depannya,” ujar Jokowi kembali. (tia)

MIXADVERT JASAPRO