Xavi Hernandez Mundur, Luis Enrique Kandidat Kuat di Barcelona

Xavi Hernandez Foto: 90min.com

JagatBisnis.comPelatih Barcelona, Xavi Hernandez, telah mengumumkan pengunduran dirinya pada akhir musim setelah kekalahan dramatis timnya dari Villarreal dengan skor 3-5 di Liga Spanyol pada Ahad, 28 Januari 2024. Menurut harian olahraga Catalan, Sport, pemain Barcelona menginginkan Luis Enrique sebagai pengganti Xavi.

Luis Enrique, pelatih Paris Saint-Germain (PSG) dan mantan gelandang Blaugrana, pernah melatih Barcelona antara 2014 dan 2017. Selama masa jabatannya, Enrique meraih dua gelar La Liga, tiga Copa del Rey, satu Liga Champions, dan trofi lainnya. Pemain-pemain seperti Marc-Andre ter Stegen, Sergi Roberto, Pedri, Gavi, Ferran Torres, dan Alejandro Balde telah merasakan kesuksesan di bawah bimbingannya.

Meskipun masih terikat kontrak dengan PSG hingga musim panas 2025, Enrique telah menyatakan keterbukaannya untuk kembali ke Barcelona. Namun, situasi kontraknya dapat menjadi hambatan untuk kepindahannya. PSG sendiri sedang mengalami performa yang baik di Prancis dan Liga Champions.

Baca Juga :   Luis Enrique Yakin Kylian Mbappe dan Ousmane Dembele Siap Menggebrak Sebagai Starter

Selain Enrique, nama lain yang muncul sebagai kandidat pengganti Xavi adalah pelatih Barcelona B, Rafa Marquez. Marquez menyatakan ketertarikannya hanya beberapa saat setelah Xavi mengumumkan kepergiannya. Nama-nama lain yang disebutkan sebagai calon termasuk manajer Bologna dan mantan pemain Barca Thiago Motta, pelatih Porto Sergio Conceicao, pelatih Girona Michel, dan bahkan Juergen Klopp yang baru saja mengumumkan akan meninggalkan Liverpool pada musim panas.

Baca Juga :   Ilkay Gundogan Siap Tampil untuk Barcelona Setelah Cedera

Barcelona, yang mengawali musim dengan baik, kini tertinggal 10 poin dari pemimpin La Liga Real Madrid. Performa belakangan mereka yang kurang konsisten, terutama dalam pertahanan, telah menyebabkan kekecewaan dan eliminasi dari Copa del Rey di perempat final oleh Athletic Bilbao dan kekalahan dramatis dari Villarreal. Tantangan berat menanti bagi pengganti Xavi untuk mengembalikan performa Blaugrana ke puncak. (tia)

MIXADVERT JASAPRO