Peluang Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

Shin Tae-Yong

JagatBisnis.comKetua Umum PSSI, Erick Thohir, telah membuka peluang perpanjangan kontrak bagi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, hingga tahun 2027. Meski demikian, Erick menetapkan dua syarat utama yang harus dipenuhi oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut. Syarat pertama adalah mencapai target di Piala Asia 2023, sedangkan syarat kedua adalah meraih prestasi di Piala Asia U-23 2024.

“Kalau prestasinya bagus ya kami duduk untuk sampai 2027. Sekarang diperpanjang dulu sampai bulan Juni, cuma kalau bagus (diperpanjang) lagi sampai 2027,” ujar Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, pada Kamis, 18 Januari 2024.

Saat ini, Shin Tae-yong sedang memimpin timnas Indonesia di Piala Asia 2023, di mana skuad Garuda sudah melakoni laga pertama di fase grup dengan kekalahan 1-3 dari Irak. PSSI menargetkan pelatih berusia 53 tahun tersebut untuk membawa timnya, yang dipimpin oleh Marselino Ferdinan, melangkah ke babak 16 besar. Peluang perpanjangan kontrak Shin Tae-yong masih terbuka, namun timnas Indonesia harus meraih hasil maksimal di dua laga berikutnya melawan Vietnam (19 Januari) dan Jepang (24 Januari).

Baca Juga :   Shin Tae-yong Genjot Kondisi Mental dan Fisik ”Garuda Muda”

“Kemarin meleset target kita yang diharapkan bisa draw, ternyata kalah (melawan Irak). Mencari empat poin berikutnya ini memang harus maksimal. Apakah melawan Vietnam, apakah melawan Jepang, harus dicari,” ungkap Erick.

Baca Juga :   Shin Tae-yong: Regulasi Piala AFF U19 Aneh

PSSI berencana untuk menjadikan pencapaian timnas Indonesia di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024 sebagai dasar pertimbangan untuk perpanjangan kontrak Shin Tae-yong. Erick mengungkapkan, “Kami akan me-review kinerjanya untuk Asia Cup Senior dan tentu Asia Cup U-23.”

Baca Juga :   Timnas U-20 Indonesia Dipermalukan Prancis 0-6

Kontrak Shin Tae-yong sejatinya habis pada Desember 2023, namun PSSI memberikan perpanjangan awal hingga Juni 2024. Meskipun belum meraih trofi sejak direkrut pada 2019, Shin Tae-yong sukses membawa timnas Indonesia, dari tingkat U-19, U-23, hingga senior, tampil di Piala Asia. Ia juga mencuri perhatian dengan kebijakan memanggil pemain muda dan memanfaatkan pemain naturalisasi. Perjalanan timnas Indonesia selanjutnya akan menjadi penentu apakah Shin Tae-yong layak mendapatkan perpanjangan kontrak hingga 2027.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO