Brantas Abipraya Raih Penghargaan BUMN Terbaik di Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2023

JagatBisnis.comDirektur Utama PT Brantas Abipraya (Persero), Sugeng Rochadi menerima pengahargaan sebagai BUMN terbaik 2023. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Istana Wakil Presiden (19/12).

Penghargaan diberikan ke berbagai kementerian, lembaga negara dan non kementerian, lembaga non struktural, BUMN, partai politik, perguruan tinggi dan desa. Untuk kategori BUMN, Brantas Abipraya mendapat urutan pertama diikuti PT KAI (Persero), dan PT Taspen (Persero).

Dalam mewujudkan implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP), PT Brantas Abipraya (Persero) memiliki Visi dan Misi yang on point yaitu visi menjadi BUMN terdepan memberikan pelayanan Informasi, dengan misi yaitu pelayanan cepat tepat efektif, human capital yang kompeten, serta fasilitas media yang mendukung dalam memberikan layanan informasi yang mudah dan accessible untuk seluruh masyarakat.

Baca Juga :   Kurangi Risiko Banjir di Aceh Utara, Abipraya Percepat Pengerjaan Bendungan Keureuto Tuntas Tahun Ini

“Strategi KIP Brantas Abipraya untuk mewujudkan komitmen Manajemen Brantas Abipraya hadir dalam pelayanan prima dan komprehensif, yakni dengan menyediakan berbagai layanan yang aksesibel dan inklusif untuk seluruh stakeholder, khususnya masyarakat,” ujar Sugeng Rochadi, Direktur Utama Brantas Abipraya.

Sugeng menyampaikan bahwa Brantas Abipraya menyediakan fasilitas layanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kantor Pusat Brantas Abipraya, layanan KIP terbuka dan dapat diakses, serta digunakan oleh publik termasuk untuk masyarakat disabilitas. Tak hanya itu, Brantas Abipraya juga menjalankan strategi KIP melalui multi-platform layanan yang terbuka untuk publik melalui aplikasi mobile, yaitu melalui media website, media sosial, serta media partner.
Ditemui di tempat terpisah, Direktur SDM dan Umum Brantas Abipraya Tumpang Muhammad mengatakan jajaran Direksi sepenuhnya berkomitmen untuk mendukung keterbukaan informasi publik Brantas Abipraya, salah satunya dengan kehadiran Direksi dalam tatap muka uji publik KIP dan persentase sebagai bahan tahapan monitoring dan evaluasi tahun 2023 yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat di Hotel Mercure, Jakarta (28/11). Tak hanya itu, Brantas Abipraya juga telah menyiapkan amunisi-amunisi untuk memperkuat KIP, yaitu dengan berinovasi.

Baca Juga :   Dukung G20, Brantas Abipraya Mempercantik TMII

Adapun inovasi KIP yang dilakukan BUMN konstruksi ini diantaranya adalah upgrading website Brantas Abipraya agar lebih user friendly, informatif, serta update menyediakan informasi sesuai peraturan perundangan yang berlaku; menyediakan Aplikasi Mobile PPID Brantas Abipraya yang dapat diaskses oleh masyarakat; mengoptimalkan web e-procurement untuk memberikan akses umum bagi mitra usaha, menjadikan system pengadaan barang jasa Perusahaan yang fair dan transparan; serta melakukan ITSA (Information Technology Security Assessment) untuk menjamin keamanan sistem informasi terkait KIP, Brantas Abipraya bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN).

Baca Juga :   Begini Kondisi Terkini Brantas Abipraya Benahi Mamuju-Majene

Tak sampai di situ saja, Brantas Abipraya juga sudah menyiapkan beberapa amunisi barunya untuk tahun 2024. Diantaranya adalah meningkatkan pelayanan informasi yang lebih interaktif, dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau Bot untuk memudahkan pemohon informasi dalam mengakses KIP Perusahaan dan memperkuat pengamanan sistem informasi menggunakan Honey Pot untuk memastikan jaringan aman dari serangan siber dan risiko IT yang fatal.

“Brantas Abipraya senantiasa akan meningkatkan pelayanan keterbukaan informasi yang lebih unggul dalam rangka menuju keterbukaan publik yang informatif sehingga dapat mempermudah masyarakat saat membutuhkan informasi terkait Brantas Abipraya,” ujar Sugeng. (srv)

 

MIXADVERT JASAPRO