Kasus Mpox di Jakarta Dipantau Ketat Hingga Akhir November

JagatBisnis.com Kasus cacar monyet atau monkey pox (Mpox) akan dipantau ketat Kemenkes hingga akhir November ini. Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI, dr. Ngabila Salama mengatakan, akhir November menjadi penentu tingkat kewaspadaan kasus cacar monyet di Indonesia.

“Perlu terus dipantau penambahan kasus positif Mpox di Jakarta dan Indonesia minimal sampai 24 November 2023,” kata Ngabila dalam keterangannya, Senin (6/11).

“(Ini) 2 kali masa inkubasi terpanjang atau 6 Minggu dari 13 Oktober 2023, kasus transmisi lokal pertama ditemukan di Indonesia,” imbuh dia.

Ngabila mengatakan sejauh ini belum ada peningkatan kasus cacar monyet di DKI Jakarta. Ia berharap ke depannya rantai kasus cacar monyet bisa segera terputus.

Baca Juga :   Dinkes Palembang Antisipasi Wabah Cacar Monyet

“DKI Jakarta dua hari berturut Sabtu dan Minggu kemarin tidak ada penambahan kasus positif baru,” jelas Ngabila.

“Semoga kasus ini tidak meluas ke daerah lain di luar Jakarta, masyarakat tidak merasa terstigma, dan surveilans penemuan kasus sebagai upaya deteksi dini, pengobatan, memutus rantai penularan berjalan cepat,” tandasnya.

Ngabila memastikan saat ini surveilans dikencangkan terutama pada perkotaan tempat mobilitas dan aktivitas tinggi. Khususnya melakukan tracing kontak erat dari pasien yang terpapar.

Baca Juga :   Cacar Monyet Sudah Terdeteksi di Indonesia

Ngabila menambahkan belajar dari kasus di luar negeri, pihaknya juga mewaspadai penularan cacar monyet pada anak melalui droplet.

“Penemuan kasus aktif perlu dilakukan terutama (dari) kelompok-kelompok populasi kunci dan orang dengan gejala infeksi menular seksual atau cacar dengan riwayat seks berisiko (baik oral dan genital),” paparnya.

“Mpox di Indonesia sampai saat ini 100 persen ditularkan melalui kontak seksual, data global 95 persen ditularkan melalui kontak seksual. Data global sudah ada 5 persen penularan droplet pada anak, bumil, busui, lansia sebagai kelompok rentan lainnya,” tandas dia.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat ada 28 kasus positif total Mpox di Jakarta, berdasarkan data harian 5 November 2023 pukul 19.00 WIB. 1 Kasus di antaranya sudah sembuh, lainnya aktif.

Baca Juga :   Cacar Monyet di Jakarta Bertambah Jadi 28 Kasus

Ada pula pasien dari Bandung dan Tangerang Raya yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Ada 6 pasien di luar Jakarta, sehingga setidaknya saat ini ada 34 kasus cacar monyet di RI.

“Ada di Bandung 1 kasus, Tangsel 2 kasus, Kabupaten Tangerang 2 kasus dan 1 kasus Kota Tangerang. Sisanya di Jakarta,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi saat dikonfirmasi, Selasa (31/10). (tia)

MIXADVERT JASAPRO