Cacar Monyet Sudah Terdeteksi di Indonesia

JagatBisnis.com –  Kementerian Kesehatan mengumumkan satu pasien terkonfirmasi positif monkeypox atau cacar monyet di Indonesia. Kewaspadaan menjadi sangat penting termasuk memperhatikan gejala-gejala yang menyertai penyakit ini. Salah satu tanda-tandanya ada pada organ vital Anda.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan satu pasien terkonfirmasi positif cacar monyet itu merupakan laki-laki berusia 27 tahun yang berasal dari DKI Jakarta. Pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Syahril menyebutkan pasien tersebut juga mengalami cacar atau ruam di muka, telapak tangan, dan sekitar genitalia atau alat kelamin. “Ada cacarnya atau ruamnya di muka, telapak tangan, kaki, dan sebagian sekitar alat genitalia,” kata Syahril, Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga :   Lanjutkan Kolaborasi dengan Kemenkes, Grab Serahkan 1.000 Konsentrator Oksigen, 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Dosis Vitamin

Monkeypox telah menjadi kekhawatiran di beberapa negara di dunia. Dari dinyatakan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia hingga menjadi darurat kesehatan masyarakat di AS, sejauh ini penyakit virus telah terdeteksi di lebih dari 80 negara, terhitung lebih dari 17.000 kasus di seluruh dunia.

Baca Juga :   Pemerintah Jajaki 3 Obat Alternatif Covid-19

Di tengah meningkatnya kasus, para ilmuwan dan profesional medis terus-menerus mempelajari wabah cacar monyet dan tidak hanya menentukan beberapa ciri khas virus, tetapi juga mengidentifikasi gejala umum yang terkait dengan virus.

Dalam upaya untuk mempelajari lebih lanjut tentang monkeypox, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan dua gejala baru infeksi monkeypox yang berbeda dari yang biasa dilaporkan.

Julia Bilinska di Guy’s and St Thomas’ NHS Foundation Trust di London, bersama dengan tim penelitinya, mengutip TimesofIndia, menganalisis gejala 197 pria, yang dites positif cacar monyet di pusat penyakit menular di kota itu antara Mei dan Juli 2022.

Baca Juga :   Antisipasi Lonjakan Covid-19, Kemenkes Tambah Stok Obat dan Oksigen

Sebanyak 86 persen pasien melaporkan gejala cacar monyet yang umum, termasuk demam (62 persen), pembengkakan kelenjar getah bening (58 persen) dan nyeri otot dan nyeri (32 persen). Namun, penelitian tersebut merinci gejala baru dan yang sebelumnya tidak terdaftar terkait dengan infeksi cacar monyet. (pia)

MIXADVERT JASAPRO