Berita  

Bantuan Manusia Akhirnya Tiba di Gaza Melalui Perbatasan Rafah

Truk Pembawa Bantuan Manusia Di Perbatasan Rafah Foto À Punt

JagatBisnis.com – Truk-truk berisi bantuan kemanusiaan yang telah terdampar di Mesir berhasil memasuki perbatasan Rafah dengan Jalur Gaza. Ini terjadi setelah berhari-hari perselisihan diplomatik yang mengenai kondisi pengiriman bantuan. Rafah merupakan jalur utama keluar masuk Jalur Gaza yang tidak dikuasai oleh Israel, dan menjadi fokus upaya penyaluran bantuan kepada 2,3 juta penduduk Gaza.

Baca Juga :   Xi Jinping dan Modi Setuju Menyelesaikan Sengketa Dalam Perbatasan China-India

Blokade total yang diberlakukan oleh Israel dan serangan udara terhadap Gaza sebagai tanggapan atas serangan mematikan oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023 telah membuat situasi kemanusiaan di Gaza semakin memprihatinkan.

Hamas, yang menguasai Gaza sejak 2007, menyambut kedatangan konvoi bantuan berupa 20 truk yang membawa obat-obatan, pasokan medis, makanan, dan makanan kaleng dalam jumlah terbatas.

Baca Juga :   Indonesia Impor Barang dari Israel Rp226 Miliar, Di Tengah Serangan Israel ke Gaza

PBB telah mengeluarkan peringatan akan “bencana kemanusiaan” di Gaza, di mana persediaan makanan telah habis dan persediaan bahan bakar yang diperlukan untuk menjaga generator cadangan di rumah sakit tetap beroperasi telah mencapai tingkat yang sangat rendah.

Baca Juga :   Israel Berkeras Tidak Akan Menghentikan Pengepungan Gaza Hingga Sandera Dibebaskan

(tia)

MIXADVERT JASAPRO