Wayne Rooney Jadi Pelatih Birmingham City dengan Kontrak 3,5 Tahun

Wayne Rooney Foto Jovem Pan

JagatBisnis.comWayne Rooney, mantan penyerang Manchester United dan bintang timnas Inggris, telah resmi ditunjuk sebagai pelatih Birmingham City. Kesepakatan ini diumumkan pada Rabu, 11 Oktober 2023, oleh klub EFL Championship, divisi kedua Liga Inggris.

Rooney akan menggantikan John Eustace, yang dipecat pada Senin lalu setelah Birmingham City berada di urutan keenam klasemen, tertinggal 12 poin dari pemimpin klasemen, Leicester City.

Dalam pernyataannya, Rooney menyatakan, “Saya telah membangun karier manajerial saya, menempatkan diri saya di lingkungan yang menantang, untuk mempersiapkan saya menghadapi peluang ini. Ini adalah proyek yang memberi saya tujuan, dan saya tidak sabar untuk memulainya.”

Baca Juga :   Ketegangan Antara Karim Benzema dan Pelatih Nuno Espirito Santo

Rooney juga berbicara tentang visi permainannya, mengatakan, “Saya punya cara jelas yang saya ingin tim mainkan. Saya dan staf pelatih saya akan bekerja keras untuk menerapkannya. Kami akan menciptakan budaya kemenangan di sini dengan identitas yang membuat para penggemar Blues bangkit.”

Dalam peran barunya, Rooney akan dibantu oleh mantan rekan setimnya di Timnas Inggris, Ashley Cole, dan mantan rekan setimnya di Manchester United, John O’Shea, yang akan menjadi asisten pelatih di tim senior serta tim nasional U-21 Inggris dan Irlandia.

Baca Juga :   Luciano Spalletti Resmi Ditunjuk sebagai Pelatih Kepala Baru Timnas Italia

Rooney, yang kini berusia 37 tahun, mengundurkan diri dari klub Major League Soccer (MLS), DC United, pekan lalu setelah klub tersebut gagal lolos ke babak playoff Piala MLS untuk tahun keempat berturut-turut.

Sebelumnya, ia memiliki pengalaman sebagai pelatih selama 17 bulan di Derby County di mana timnya mengumpulkan 55 poin. Meskipun poin tersebut sebenarnya cukup untuk bertahan di EFL Championship, tim tersebut akhirnya terdegradasi ke divisi ketiga karena masalah keuangan.

Baca Juga :   Inter Miami Melangkah ke Masa Depan dengan Target Baru: Merekrut Mantan Pelatih Barcelona

Tom Wagner, ketua dan salah satu pemilik Birmingham City, memberikan dukungan penuh kepada Rooney, mengatakan, “Wayne telah mempersiapkan kesempatan seperti ini sejak dia memulai pendidikan kepelatihannya saat masih menjadi pemain di Manchester United. Dia dan stafnya mendapat dukungan penuh dari Dewan dan semua orang di klub.”

Sebagai pemain, Wayne Rooney mencetak 253 gol untuk Manchester United, memenangkan lima gelar Liga Inggris dan Liga Champions bersama klub Old Trafford, dan mencetak 53 gol untuk timnas Inggris.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO