Luciano Spalletti Resmi Ditunjuk sebagai Pelatih Kepala Baru Timnas Italia

Luciano Spalletti Foto Forbes

JagatBisnis.comPada Jumat, 18 Agustus 2023, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) mengumumkan penunjukan mantan pelatih Napoli, Luciano Spalletti, sebagai pelatih kepala baru timnas Italia. Spalletti mengambil alih posisi ini setelah pengunduran diri Roberto Mancini pada tanggal 13 Agustus sebelumnya.

Berusia 64 tahun, Luciano Spalletti memimpin Napoli meraih gelar Serie A Italia pada musim sebelumnya, menjadi kemenangan liga pertama klub tersebut dalam 33 tahun. Spalletti memiliki pengalaman panjang di dunia manajemen sepak bola, termasuk di klub-klub seperti AS Roma, Inter Milan, dan Zenit St Petersburg di Rusia. Ia meninggalkan Napoli pada Mei lalu setelah mengambil cuti panjang dan digantikan oleh Rudi Garcia.

Menurut pernyataan resmi FIGC, Spalletti akan mulai menjabat sebagai pelatih timnas Italia mulai 1 September 2023. Gabriele Gravina, presiden FIGC, menyambut baik pengangkatan Spalletti dan menyebutkan bahwa keahliannya akan menjadi dasar dalam menghadapi tantangan yang akan dihadapi timnas Italia dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga :   Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Tutup Usia

Sumber yang dikutip oleh Reuters menyatakan bahwa kontrak Spalletti akan berlangsung hingga Piala Dunia 2026, meskipun pernyataan resmi tidak memberikan informasi rinci tentang durasi kontraknya. Spalletti akan menjadi pelatih kesembilan timnas Italia pada abad ini.

Baca Juga :   Chelsea Tunjuk Pelatih Baru Dalam Waktu Yang Dekat?

Pertandingan debut Spalletti sebagai pelatih timnas Italia adalah kualifikasi Euro 2024 melawan Makedonia Utara pada 9 September, diikuti dengan pertandingan melawan Ukraina tiga hari kemudian. Saat ini, Italia berada di urutan ketiga dalam Grup C dengan tiga poin dari dua pertandingan, di belakang Ukraina yang memiliki enam poin dari tiga pertandingan, dan di bawah Inggris yang memimpin grup dengan 12 poin dari empat pertandingan.

Baca Juga :   Inter Miami Melangkah ke Masa Depan dengan Target Baru: Merekrut Mantan Pelatih Barcelona

Ketika meninggalkan Napoli, Spalletti menyatakan bahwa dia akan mengambil cuti panjang dan bisa mempertimbangkan untuk melatih tim nasional setelah satu tahun cuti. Pengunduran diri Roberto Mancini memberikan peluang lebih cepat daripada yang diharapkan bagi Spalletti untuk kembali melatih. Namun, ada klaim bahwa Spalletti telah menandatangani dokumen dengan klausul yang meminta kompensasi sebesar 3 juta euro jika dia bekerja dalam satu tahun setelah pengunduran dirinya dari Napoli.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO