Tanimbar Maluku Diguncang Gempa 6,6 Magnitudo

Gempa

JagatBisnis.com –  Gempa berkekuatan 6,6 magnitudo mengguncang Maluku, Jumat (22/9) pukul 21.59 WIB. Pusat gempa berada di laut, meski begitu BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryano, dalam keterangannya.

Episenter gempa berada di koordinat 7,43° LS ; 129,88° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 169 Km arah Barat Laut Tanimbar, Maluku. Pusat gempa berada di kedalaman 177 km.

Baca Juga :   Sulut Diguncang Gempa Berkekuatan 4 Magnitudo

Daryono menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tersebut merupakan jenis gempa menengah. Gempa terjadi akibat adanya deformasi batuan dalam slab lempeng yang tersubduksi di bawah Laut Banda.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar naik atau Oblique Thrust Fault,” jelas Daryono.

Baca Juga :   Gempa Guncang Jember Berkekuatan 4,0 Magnitudo

Gempa dirasakan di sejumlah wilayah di antaranya di Saumlaki dengan skala intensitas III-IV MMI yang artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Kemudian di Maluku Tenggara, Marsela dan Sorong dengan skala intensitas III MMI yang dapat diartikan getaran dirasakan nyata dalam rumah dan getaran seakan-akan truk berlalu.

Baca Juga :   Gempa Guncang Keerom, Papua dengan Kekuatan 6,3 Magnitudo

Selain itu juga di daerah Tepa dengan skala intensitas II MMI yang berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga pukul 22.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” pungkas Daryono. (tia)

MIXADVERT JASAPRO