Getaran Hebat: Gempa Magnitudo 6,1 Mengguncang Timor Tengah Selatan, NTT

Ilustrasi gempa bumi

JagatBisnis.com –  Sebuah gempa bermagnitudo 6,1 telah mengguncang wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), menciptakan kejutan dan ketegangan di daerah tersebut. Getaran kuat ini dirasakan oleh penduduk setempat pada pukul 17.29 WIB atau 19.29 WIT, meninggalkan kesan yang mendalam.

Pusat gempa ini dilaporkan berada sekitar 75 km barat laut dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, dan mencapai kedalaman 75 km di bawah permukaan bumi. Beruntung, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) langsung memberikan informasi bahwa gempa ini tidak berpotensi untuk memicu tsunami, mengurangi kekhawatiran yang mungkin timbul akibat peristiwa tersebut.

Warga setempat dikejutkan oleh getaran yang tiba-tiba dan beberapa merasakan goncangan kuat di rumah mereka. Beberapa bangunan dilaporkan mengalami kerusakan ringan akibat guncangan ini, dengan retakan-retakan muncul di beberapa dinding. Tim pemulihan bencana dan pihak berwenang segera bergerak cepat untuk mengevaluasi kerusakan lebih lanjut dan memastikan keamanan warga.

Baca Juga :   Gempa Guncang Sarmi, Papua 3,6 Magnitudo

Gempa ini menjadi pengingat betapa pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam di wilayah yang rawan gempa. Meskipun tidak mengakibatkan tsunami, gempa ini telah mengingatkan kita semua akan potensi risiko alam yang selalu ada di sekitar kita. Warga di daerah sekitar dan juga otoritas setempat diharapkan untuk tetap waspada dan memastikan langkah-langkah pencegahan yang tepat guna untuk mengurangi dampak dari peristiwa seperti ini di masa depan.

Baca Juga :   Kepulauan Aru Maluku Diguncang Gempa Berkekuatan 5,0 Magnitudo

(tia)

MIXADVERT JASAPRO