Antisipasi Kegembiraan Publik: Kapan Masyarakat Dapat Menikmati Uji Coba Gratis LRT Jabodebek?

kereta cepat foto : Menteri PUPR Menyatakan Tidak Ada Salah Desain dalam Jembatan LRT Melengkung

JagatBisnis.com –   Pada saat ini, PT KAI (Persero) masih menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membuka uji coba gratis LRT Jabodebek kepada masyarakat umum. Sebelumnya, terdapat pendaftaran untuk uji coba dengan tarif Rp 1 yang telah mencapai 24 ribu orang. Meskipun demikian, belum ada kepastian mengenai kapan uji coba ini akan dilakukan lagi setelah sempat ditutup karena penyesuaian perangkat lunak.

Baca Juga :   Peringati HUT ke-77, KAI Siapkan LRT Jabodebek dan KA Cepat

Kuswardoyo, Manager Publik Relation Divisi LRT Jabodebek, menyatakan bahwa belum ada kejelasan mengenai jangka waktu pelaksanaan uji coba gratis untuk masyarakat umum. Target operasional (commercial operating date/COD) yang ditetapkan adalah 28 Agustus 2023. Namun, pihak KAI masih menunggu keputusan Kemenhub terkait tarif promo LRT Jabodebek sebesar 78 persen. Kuswardoyo juga mengkonfirmasi bahwa semua 24 ribu pendaftar uji coba akan diupayakan untuk dapat berpartisipasi dalam uji coba LRT Jabodebek dengan tarif Rp 1 yang gratis.

Kemenhub sendiri telah mengusulkan diskon tarif LRT Jabodebek dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Indonesia. Tarif tersebut telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 67 tahun 2023, dengan besaran tarif awal sebesar Rp 5.000 untuk 1 km pertama dan Rp 700 untuk setiap km selanjutnya. Diskon sebesar 78 persen dan harga maksimum tertinggi sebesar Rp 20.000 adalah opsi promo yang ditawarkan.

Baca Juga :   231 Alquran Hilang di Masjid Al-Jabbar, Gubernur Jabar Minta Masyarakat Tidak Membawa Pulang Lagi

Sementara Kuswardoyo menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah mengenai hal ini dan bahwa kepastian mengenai tanggal pelaksanaan uji coba dan tarif promosi masih menunggu keputusan resmi.

Baca Juga :   Menjajal Kereta LRT Jabodebek, Ini Kesan Jokowi

(tia)

MIXADVERT JASAPRO