Wisata  

Pengunjung Taman Wisata Borobudur Harus Menyesuaikan Karena Ada Waisak

JagatBisnis.com –  Para wisatawan yang akan berkunjung ke Borobudur sekitar tanggal 4 Juni yang bertepatan dengan perayaan Waisak harus baca ini sebagai pedoman.

Jadwal kunjungan Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Jateng), akan ada penyesuaian pada 4 Juni 2023. Penyesuaian jadwal kunjungan Borobudur 4 Juni ini sehubungan adanya prosesi Detik-detik Waisak 2023 dalam rangka Hari Raya Waisak 2567 BE (Buddhist Era).
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyesuaian jadwal kunjungan Wisata Candi Borobudur tanggal 4 Juni 2023 selama Detik-detik Waisak, simak informasi lengkapnya berikut ini:

Jam Operasional Wisata Candi Borobudur 4 Juni 2023
Seperti diinformasikan melalui akun resminya, jam operasional Taman Wisata Candi Borobudur akan mengalami penyesuaian pada Minggu, 4 Juni 2023. Hal ini seiring dengan dirayakannya prosesi Detik-detik Waisak 2023 di Candi Borobudur.

“Sehubungan dengan prosesi detik-detik Waisak, Minggu 4 Juni 2023, terdapat beberapa penyesuaian yang wajib kamu save informasinya,” tulis akun Instagram resmi Taman Wisata Candi Borobudur (@borobudurpark), dilansir Selasa (30/5/2023).

Baca Juga :  

Berikut informasi jadwal kunjungan Borobudur 4 Juni 2023:

Kajian Lapangan Terbuka: Naik Monumen Candi Borobudur DITIADAKAN

Kunjungan reguler:
Pukul 06.30-14.00 WIB
– Tiket hanya berlaku pada area Taman Wisata Candi Borobudur, tidak sampai pelataran/ halaman Candi Borobudur.
Harga tiket kunjungan:
– Wisatawan Mancanegara: Rp 50.000/pax
– Wisatawan Nusantara: Rp 25.000/pax

Menurut jadwal kunjungan Taman Wisata Candi Borobudur pada 4 Juni 2023 akan diselenggarakan festival pelepasan lampion nasional dalam rangka perayaan Waisak 2567 BE tahun 2023. Festival ini akan digelar di di Lapangan Marga Utama Candi Borobudur.

Menurut informasi yang disampaikan akun resmi Taman Wisata Candi Borobudur, masyarakat umum bisa mengikuti dan menonton proses pelepasan lampion di Candi Borobudur. Bagi yang hendak menonton acaranya bisa dengan cara berikut:

On The Spot atau Online via ticketcandi.borobudurpark.com mulai pukul 17.00-20.00 WIB.

Baca Juga :  

Harga tiket sebesar RP 50.000/pax berlaku bagi wisatawan mancanegara dan nusantara.
Penonton hanya dapat menyaksikan dari sisi bagian luar batas area pelepasan lampion.
Tiket hanya berlaku untuk menyaksikan prosesi pelepasan lampion di Candi Borobudur.
Berikut jadwal acara festival lampion Waisak 2023 di Borobudur:

Hari, tanggal: Minggu, 4 Juni 2023
Lokasi: Lapangan Marga Utama Candi Agung Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.
Waktu:

– Sesi 1: pukul 17.30 – 19.00 WIB

– Sesi 2: pukul 20.00 – 21.30 WIB.
Bagi masyarakat yang hendak mengikuti festival lampion di Borobudur dapat melakukan pemesanan tiket secara online terlebih dahulu. Pembelian tiket bisa melalui link https://bit.ly/festivallampion2023 dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Rangkaian Detik-detik Waisak 2023 akan dimulai dengan arak-arakan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur yang berlangsung pada 4 Juni tepat pada pukul 10.41.19 WIB. Kemudian jam kunjungan wisatawan Candi Borobudur dilayani sampai pukul 14.00 WIB.

Baca Juga :  

“Untuk menyambut umat Buddha merayakan Waisak, kami siap memberikan pelayanan yang terbaik. Terutama bagi mereka yang merayakan Waisak dan juga yang berkunjung karena masih tetap di hari Minggu sampai jam 14.00 WIB,” kata Dirut PT TWC Febrina Intan.

“Pelayanan tetap buka sampai pukul 14.00 WIB, kami akan ada steril untuk pelepasan lampion. Lampion, ini ada dua kategori mereka hanya menonton dan mereka datang melepas (lampion),” tuturnya.

Menurutnya, saat hari Minggu (4/1), akses naik struktur candi ditiadakan. Wisatawan hanya boleh sampai di zona 2 atau kawasan taman saja.

“Tidak ada, jadi Candi Borobudur untuk naik struktur kami tiadakan. Jadi, pengunjung hanya datang untuk menikmati kawasan taman termasuk pelataran candi kami sterilkan untuk keperluan peribadatan. Jadi hanya di zona 2 (kawasan taman) yang bisa dinikmati oleh pengunjung reguler,” pungkasnya.(den)

MIXADVERT JASAPRO