Jokowi Imbau Pemudik Hindari Puncak Arus Balik Lebaran

Presiden Jokowi

JagatBisnis.comPresiden Jokowi mengungkapkan prediksi puncak arus balik akan jatuh pada 24 hingga 25 April. Diperkirakan arus balik akan diikuti 203.00 kendaraan setiap harinya.

“Beberapa hari ke depan kita akan dihadapkan kondisi arus balik, data Kemenhub memprediksi setidaknya 203.000 kendaraan per hari dari arah Timur, jalan tol Trans Jawa dari arah Bandung diperkirakan akan melalui Tol Jakarta-Cikampek,” kata Jokowi dalam Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/4).

“Tentu ini merupakan jumlah yang sangat besar dibanding dari jumlah normalnya 53 ribu kendaraan,” lanjut Jokowi.

Baca Juga :   Jokowi Sebut WHO Saja Tak Bisa Prediksi Kapan Pandemi Berakhir

Jokowi pun mengimbau masyarakat yang tidak punya keperluan mendesak untuk menunda perjalanannya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Ketentuan ini juga berlaku pada ASN, TNI, dan Polri.

Baca Juga :   Jasa Marga: Hindari Puncak Arus Balik Tanggal 6-8 Mei

“Oleh karena itu untuk memecah penumpukan yang terjadi pada puncak arus balik tanggal 24-25 April 2023 secara bersamaan pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut secara menunda atau mengundurkan jadwal kembali mudik setelah tanggal 26 April 2023,” ujar Jokowi.

“Ketentuan ini berlaku untuk ASN, TNI, Polri dan BUMN atau pegawai swasta yang teknisnya dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing dalam bentuk cuti tambahan atau cuti lainnya,” lanjut Jokowi.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Berdoa di Lubang Buaya

Terakhir, Jokowi berpesan pada masyarakat untuk tetap menjaga keselamatan dalam arus balik Lebaran 2023.

“Bapak ibu tetap hati-hati patuhi semua aturan dan ikuti semua arahan petugas di lapangan,” pungkasnya.  (tia)

MIXADVERT JASAPRO